Politik

KPU KTT Cetak Surat Suara di Surabaya

Ketua KPU KTT, Hendra Wahyudi

TANA TIDUNG, Koran Kaltara – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tana Tidung (KTT), Hendra Wahyudi mengatakan, proses pengadaan logistik pemilihan Bupati dan Wakil Bupati saat ini sedang berjalan, mulai dari bilik suara, kotak suara dan surat suara.

Pihaknya sedang melakukan validasi terhadap surat suara yang akan dicetak oleh rekanan pihak ketiga di Jawa Timur.

“Kita dalam proses validasi surat suara, sebelum dicetak ke percetakan yang ada di Surabaya. Kemudian setelah validasi baru dicetak dan Insya Allah akan kita tunggu di sana hasilnya dan langsung dibawa pulang setelah selesai proses cetak,” kata Hendra Wahyudi, Senin (9/11/2020).

Diketahui, perusahaan percetakan yang cukup besar di Jawa Timur ini tidak hanya digunakan oleh KTT saja tapi semua daerah di Kalimantan Utara (Kaltara).

Sementara mencetak surat suara pemilih di Kabupaten Tana Tidung (KTT) sekitar 16-17 ribu surat suara hanya dalam hitungan jam saja.

“Pengadaannya sendiri menggunakan elektronik katalog (e-katalog) berbeda dengan pemilu sebelumnya dan itu setelah diklik sama-sama. Produksinya bersamaan dan sebelum produksi khusus surat suara harus divalidasi terlebih dahulu. KTT dengan daerah lainnya di Kaltara satu perusahaan percetakan mencetak surat suara, sedangkan untuk membuat bilik dan kotak suara di perusahaan yang berbeda lagi,” terang dia.

Untuk memaksimalkan keamanan dalam penyelenggaraan pemilihan khususnya surat suara, pihaknya meminta pengawalan dan pengamanan dari pihak kepolisian KTT.

Mengingat setelah proses cetak, surat suara akan langsung dibawa ke KTT.

Ia berharap, dengan proses persiapan logistik ini tidak akan memakan waktu yang lama, mengingat tersisa kurang lebih satu bulan lagi sebelum 9 Desember 2020 yang menjadi hari pelaksanaan pencoblosan.

Ia berharap pengiriman logistik berupa kotak dan bilik suara tidak mengalami hambatan.

Dikhawatirkan jika mengalami hambatan, tidak diketahui logistik yang mungkin mengalami kekurangan atau tidak sesuai nantinya bisa segera diatasi dan dia berharap proses penyelenggaraan pemilu serentak ini dapat berjalan lancar dan kondusif. (*)

Reporter: Hanifah
Editor: Nurul Lamunsari

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah