Kaltara

Korem 092 akan Tempati Kantor Baru Tahun Ini

Danrem 092 Maharajalila Brigjen Suratno saat meninjau Makorem. (Foto : Ramlan)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Pembangunan Markas Komando Resor Militer (Makorem) 092/Maharajalila terus digenjot.

Meski sempat mengalami kendala dari sisi anggaran, markas untuk TNI AD itu diharapkan bisa segera rampung sebelum memasuki tahun 2022.

“Kalau kita lihat dari fisik, mungkin sudah ada sekitar 85 persen (pembangunan). Kata kontraktor, sudah masuk tahap finishing. Makanya kita minta (pengerjaannya) segera tuntas, tapi jangan abaikan kualitas bangunan,” kata  Komandan Korem (Danrem) 092/Maharajalila, Brigjen TNI Suratno.

Dia mengungkapkan, sesuai perjanjian dengan kontraktor, bulan November 2021 ini merupakan akhir pengerjaan.

Namun, sebelum memasuki bulan November, bangunan Makorem itu sudah bisa ditempati.

“Kalau jadwal dari kontraktornya kan, itu November selesai. Tapi katanya (dari pihak kontraktor) sebelum November sudah bisa selesai. Artinya, tahun ini kita sudah pindah (tempati Makorem baru),” jelasnya.

Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini memberikan dampak pada pembangunan Makorem 092/Maharajalila yang sampai saat ini belum rampung juga.

Adanya kebijakan refocusing anggaran menjadi penyebabnya. Sehingga, pembangunan Makorem masih belum rampung.

Namun, Danrem mengungkapkan jika pihak yang mengerjakan Makorem ini sudah memiliki komitmen agar rampung di tahun ini juga.

“Semoga saja tidak molor lagi dari target kita. Karena anggaran yang direfocusing itu sudah dikembalikan lagi. Pihak pengerjanya juga sudah komitmen, sebelum November sudah bisa ditempati,” beber tentara lulusan Akmil 1998 itu.

Terkait bentuk bangunan, Suratno menuturkan, bangunan itu sesuai dengan prototipe bangunan Korem yang telah ditentukan oleh Pusat Zeni Angkatan Darat.

“Ada beberapa anggaran untuk membangun ini, tapi terpaksa dipotong. Itu yang saya katakan, agak melamban sedikit pembangunannya. Tapi kita yakin, tahun ini akan rampung,” jelasnya.

Meskipun pembangunan Makorem tidak dapat dirampungkan hingga akhir tahun ini, menurutnya itu bukan masalah.

Untuk sementara ini, pihaknya masih akan menempati Gedung Tenis Indoor Anggun yang berada di Jalan Gelatik sebagai kantor sementara. (*)

BACA JUGA: Akhir Tahun, Makorem Kaltara Ditarget Rampung

Reporter: Ramlan
Editor: Eddy Nugroho