Tana Tidung

Konfirmasi Positif Covid-19 di KTT Bertambah Satu Kasus

RSUD Akhmad Berahim

TANA TIDUNG, Koran Kaltara – Kasus konfirmasi positif Covid-19 di Tana Tidung kembali bertambah satu orang, Senin (23/11/2020). Kasus terbaru merupakan kasus import atau penularan terjadi di luar daerah yang masuk ke KTT.

Dengan bertambahnya satu kasus tersebut, maka jumlah kasus aktif konfirmasi positif Covid-19 di Tana Tidung menjadi enam orang. Keenam pasien tersebut saat ini dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Akhmad Berahim di Desa Tideng Pale Timur, Kecamatan Sesayap.

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 KTT, Idham Noor mengungkapkan, jumlah akumulasi kasus Covid-19 di Tana Tidung sebanyak 18 orang. Dimana12 orang dinyatakan sembuh dan enam orang dalam perawatan.

“Sedangkan kasus suspek sebanyak empat orang sedangkan yang selesai pemantauan tidak ada,” ungkap Idham Noor, Selasa (24/11/2020).

Sementara untuk kontak erat peningkatannya cukup signifikan, berasal dari hasil tracing sebanyak 117 orang yang kontak erat dengan pasien Covid-19. Pada hari sebelumnya hanya 50 orang. Sementara discarded negatif swab sebanyak 323 orang.

Diketahui, untuk kontak erat di Kecamatan Sesayap dari Desa Tideng Pale sebanyak 101 orang, kemudian Desa Tideng Pale Timur sekitar lima orang, Desa Limbu Sedulun empat orang, Kecamatan Sesayap Hilir berada di Desa Sesayap dengan tujuh orang kontak erat dengan pasien Covid-19 KTT.

Terkait zonaisasi, yang masuk dalam zona kuning atau zona risiko rendah, yakni Desa Tideng Pale dan Desa Tideng Pale Timur, Desa Limbu Sedulun di Kecamatan Sesayap, Desa Sesayap, Desa Sesayap Selor, Desa Bandan Bikis, Desa Seludau, Desa Menjelutung, Desa Sengkong dan Desa Bebatu.

Kemudian Desa Tanah Merah, Desa Tanah Merah Barat, Desa Tengku Dacing, Desa Sambungan Selatan dan Desa Sambungan yang ada di Kecamatan Tana Lia.

Sementara untuk desa-desa di Kecamatan Muruk Rian dan Kecamatan Betayau masuk dalam zona hijau penyebaran Covid-19 atau di daerah tersebut tidak ada satu pun pasien Covid-19.

“Kita berharap yang enam orang ini segera sembuh dan kasus Covid-19 di wilayah KTT tidak bertambah lagi. Begitu juga dengan kontak erat yang kita khawatirkan terus bertambah dan semoga ini tidak terjadi lagi,” harap dia.

Dia kembali mengingatkan supaya seluruh masyarakat mematuhi dan disiplin protokol kesehatan (prokes) dalam setiap kegiatan sehari-hari. Tujuannya, kata Idham, untuk mengantisipasi terhadap penyebaran Covid-19 yang terus meningkat. (*)

Reporter: Hanifah
Editor: Didik

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah