Tana Tidung

Konfirmasi Positif Covid-19 Bertambah 14 Pasien

Ilustrasi Covid-19. (Foto: Istimewa/Net)

TANA TIDUNG, Koran Kaltara – Kasus Covid-19 di KTT per Selasa (12/12021) malam, bertambah 14 orang yang berasal dari kasus kontak erat dan transmisi lokal. Mereka, yakni tiga orang dari Desa Tideng Pale, Kecamatan Sesayap yang merupakan kasus kontak erat, tiga orang dari Desa Tideng Pale Timur, Kecamatan Sesayap juga kasus kontak erat, empat pasien dari Desa Tideng Pale dari kasus transmisi lokal dan satu orang dari Desa Sepala Dalung di Kecamatan Sesayap Hilir dari transmisi lokal, serta tiga orang dari Desa Tideng Pale Timur kasus transmisi lokal.

“Data pada Selasa (12/1/2021) malam ada penambahan kasus sebanyak 14 kasus dari Kecamatan Sesayap dan Kecamatan Sesayap Hilir dari kasus kontak erat dan transmisi lokal, tapi menyusul ada tujuh pasien yang dinyatakan sembuh,” kata juru bicara Satgas Covid-19 KTT, Idham Noor, Rabu (13/1/2021).

Dengan penambahan kasus yang terus terjadi dan Kecamatan Sesayap mendominasi angka pasien, maka daerah ini dinyatakan sebagai zona orange sebagai zona dengan tingkat risiko sedang. Sementara Kecamatan Sesayap Hilir dan Kecamatan Tana Lia masuk zona kuning sebagai zona dengan tingkat risiko rendah, kemudian Kecamatan Betayau dan Kecamatan Muruk Rian tetap bertahan di zona hijau.

Diketahui, dengan bertambah 14 kasus, maka jumlah akumulasi kasus menjadi 92 orang. Sebanyak 44 orang sudah dinyatakan sembuh sehingga yang masih dirawat sebanyak 48 orang.

“Tak henti-hentinya kita terus mengingatkan supaya seluruh pihak menaati aturan protokol kesehatan (prokes) semaksimal mungkin, pastikan kita menggunakan masker, mencuci tangan dengan rutin sebelum dan sesudah beraktivitas, kemudian menjaga jarak dan menghindari kontak fisik dengan orang lain terutama pada fasilitas-fasilitas umum karena kita tidak tahu dimana dan kapan virus bisa saja menyerang,” ujarnya.

Hanya tingkat kesadaran yang dapat memutus mata rantai penyebaran dan penularan Covid-19 di KTT ini, semua pihak harus menyadari bahwa pandemi Covid-19 masih belum berakhir sehingga semua orang harus siaga dan terus menjalankan tindakan pencegahan supaya aman dan selamat. (*)

Reporter: Hanifah
Editor: Nurul Lamunsari

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah