Headline

Kondisi 15 Pasien Corona Stabil dan Menunjukkan Kesembuhan

Agust Suwandy

TANJUNG SELOR, korankaltara.com – Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Coronavirus Disease (Covid-19) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Agust Suwandy kembali memperbarui informasi kepada masyarakat. Melalui akun YouTube resmi milik gugus tugas, Agust menyampaikan, hingga Jumat (10/4/2020), tidak ada penambahan terkonfirmasi positif virus corona.

Diketahui, jumlah pasien terkonfirmasi di Kaltara sebanyak 16 orang, dimana 1 orang telah meninggal dunia dalam status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 1 April 2020 lalu. Adapun 15 orang yang sedang dirawat di rumah sakit rujukan, hingga saat ini dalam kondisi yang stabil. Bahkan menurut laporan pihak rumah sakit menunjukkan kesembuhan.

“15 dalam hal ini masih dirawat atau diisolasi, sebagian besar kondisinya dalam keadaan baik. Tidak ada kegawatdarutaran. Kondisinya stabil dan menuju ke arah kesembuhan,” ungkapnya, siang tadi.

Agust merinci kondisi pasien secara umum membaik, khususnya yang telah dirawat dalam jangka waktu yang lama. Apalagi lanjut Agust, beberapa pasien awal telah diambil ulang sampelnya untuk diperiksa di Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya.

“Saat ini hanya tinggal menunggu hasil laboratorium dari BBLK. Jika hasil tersebut nanti dinyatakan negatif, maka pasien dapat dinyatakan sembuh dan dapat kembali ke masyarakat dan tidak berpotensi menularkan,” jelasnya.

Untuk diketahui, 15 orang pasien tersebut masing-masing dirawat di RSUD Provinsi Kaltara. Di Tarakan sebanyak 9 orang, di RSUD Soemarno Sostroadmodjo (Bulungan) 2 orang dan di RSUD Nunukan 4 orang. (*)

Reporter: Fathu Rizqil Mufid
Editor: Nurul Lamunsari