Pendidikan

Kompetensi Sains Nasional Kembali Dilanjutkan

Dilanjutkan - Tampak salah satu peserta Kompetensi Sains Nasional di Kalimantan Utara. (Agung/Koran Kaltara)
  • 139 Peserta Bersaing Via Daring

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara– Kompetensi Sains Nasional (KSN) untuk tingkat provinsi, secara resmi kembali dilanjutkan, Senin (10/8/2020) kemarin. Demikian disampaikan Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalimantan Utara, Firmananur.

Dijelaskan Firman, teknis pelaksanaan KSN tingkat provinsi menggunakan skema online atau dalam jaringan (daring). Sebelumnya, Disdikbud Kaltara sudah melakukan pembinaan dan serangkaian uji coba. Sehingga peserta dipastikan tidak mengalami kesulitan teknis.

“Untuk persiapan KSN tingkat provinsi, dari Disdikbud Kaltara sudah memfasilitasi pembinaan intensif secara daring kepada peserta selama satu pekan,” ujar Firman saat diwawancara Koran Kaltara.

“Kita laksanakan juga uji coba tahap satu untuk registrasi daring, pembuatan akun dan pengisian biodata. Kemudian di uji coba tahap dua untuk simulasi peserta dalam menghadapi soal,” lanjutnya.

Firman mengatakan, terdapat beberapa model soal dalam KSN tingkat provinsi. Mulai dari upload file, pilihan true or false, pilihan ganda, isian singkat dan kombinasi pilihan ganda serta essay isi keyboard. “Model soal yang diberikan menyesuaikan dengan masing-masing bidang kompetisi,” paparnya.

Secara teknis, terdapat 139 peserta yang mengikuti KSN tingkat provinsi. Mereka adalah wakil dari kabupaten dan kota yang sebelumnya lolos dalam seleksi antar sekolah. “Waktu KSN tingkat kabupaten dan kota, total keseluruhannya ada 983 peserta,” imbuh Firman.

Lanjut dia, KSN tingkat provinsi dilaksanakan dalam kurun waktu satu minggu ke depan. Atau disesuaikan dengan jadwal kompetisi masing-masing bidang.

“Untuk hari ini, setelah pembukaan langsung dilanjutkan untuk bidang fisika dan biologi. Kemudian besok itu matematika dan kimia. Terakhir di Hari Jumat untuk bidang ekonomi,” pungkasnya. (*)

Reporter: Agung Riyanto

Editor: Nurul Lamunsari

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tidak ada keperluan mendadak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah