Politik

Komisi I Bahas Alih Fungsi Kawasan Hutan ke Dishut Kaltara

Komisi I DPRD Tana Tidung saat berada di Dishut Kaltara. (Istimewa)

TANA TIDUNG – Komisi I DPRD Kabupaten Tana Tidung, telah melaksanakan kunjungan kerja ke Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Kalimantan Utara baru-baru ini.

Ketua Komisi I DPRD Tana Tidung, Sri Jahasaniah mengatakan, ada sejumlah dialog pembahasan dalam kunjungan kerja tersebut. Pertama, mengenai progres alih fungsi kawasan hutan di Tana Tidung.

“Sebagaimana diketahui, alih fungsi kawasan hutan salah satunya untuk rencana pembangunan pusat pemerintahan. Sehingga perlu kita ketahui langsung bagaimana progresnya,” kata Sri kepada Koran Kaltara.

Komisi I DPRD Tana Tidung juga meminta Dishut Kaltara mengajukan review ulang batas lahan konsesi di Tana Tidung. Mengingat banyak kondisi saat ini yang perlu dilakukan penyesuaian.

“Konsesi saat ini sudah tidak relevan lagi dengan keadaan masyarakat adat yang hidup dan berkembang di Tana Tidung. Ini perlu ada tindaklanjut segera,” ujarnya.

Persoalan lahan konsesi menjadi polemik bagi masyarakat yang mayoritas bekerja sebagai petani ladang. Hal ini bahkan terjadi dengan cakupan luas di empat kecamatan.

“Masyarakat sangat tidak tenang. Mereka terus sampaikan keluhan ke DPRD. Dimana aset mereka mulai dari lahan pertanian, rumah, bahkan makam ada di sana,” ungkapnya.

Informasi yang ia terima, pemilik konsesi tidak pernah melaporkan kondisi wilayah yang ada. Khususnya mengenai kegiatan masyarakat yang telah terlebih dahulu berlangsung, baik kepada Dishut Kaltara atau Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Sehingga dari tahun 2000 sampai saat ini selalu mengalami konflik sosial terus menerus. DPRD meminta kepada Dinas Kehutanan agar dapat membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Tana Tidung. Khususnya dalam melindungi kegiatan dan aset milik masyarakat di sana,” pungkasnya. (*)

Reporter: Agung Riyanto

Editor: Didik

About the author

Koran Kaltara

Add Comment

Click here to post a comment