Malinau

Kolam Minapolitan Bakal Jadi Wisata Kuliner

Kolam minapolitan di RT 20 Desa Malinau Kota. (foto: Istimewa)

MALINAU, Koran Kaltara – Selain menjadi wahana pemancingan, kolam minapolitan di RT 20 Desa Malinau Kota bakal menjadi wisata kuliner, yang menyajikan ragam ikan tawar, seperti nila, patin dan lele.

Kepala Desa Malinau Kota, Riemantan Najamudin menyampaikan bahwa pembangunan kolam minapolitan ini merupakan bagian program Kotaku yang berasal dari DPUPR Perkim Malinau.

“Pembangunannya, kita melakukan sharing penganggaran,” ujar Riemantan kepada Koran Kaltara, Senin (18/1/2021).

Saat ini, kata Riemantan, kolam tersebut masih dilakukan pemeliharaan pematangan. “Karena masih terdapat beberapa kolam pendangkalan, sehingga perlu ditata agar lebih baik. Supaya bisa dimanfaatkan menjadi sektor wisata kuliner,” jelasnya.

Menurut dia, di lokasi RT 20 ini akan melibatkan seluruh pelaku-pelaku UMKM hingga PKK Desa. “Di lokasi terdiri 9 gazebo yang akan memberikan peluang bagi pelaku ekonomi di Desa Malinau Kota ini,” tutur dia.

Dia menyampaikan, peresmian kolam minapolitan masih belum dilaksanakan. Karena, masih belum diserahkan ke Pemerintah Desa. “Secara resmi memang belum dilimpahkan ke desa. Mungkin dalam waktu dekat, apabila sudah tertata rapi, baru dilimpahkan,” katanya.

Menurut dia, apabila kolam minapolitan ini diserahkan ke Pemerintah Desa, maka pengelolaannya akan diserahkan ke Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Malinau Kota. “Pastinya, ketika serahkan nanti. Pengelolaannya bukan desa, tetapi diserahkan ke BUMDes, agar dikelola dengan baik,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sollaimansyah
Editor: Sobirin

Mari cegah penyebaran Covid-19 dengan 5 M;

  • Memakai masker
  • Mencuci tangan
  • Menjaga jarak
  • Mengurangi mobilitas dan interaksi
  • Menghindari kerumunan