Kaltim

Kendaraan Roda Empat Disarankan Lewat Tol Balsam

Retakan jalan nasional yang ada di kilmoter 6, Kecamatan Loa Janan semakin meluas. Keretakan jalan lebih dari stengah badan jalan. (Istimewa)

TENGGARONG – Longsor yang terjadi di jalan poros Samarinda-Balikpapan, tepatnya di kilometer 6, Desa Purwajaya, Kecamatan Loa Janan semakin melebar.

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kukar pun menyarankan agar kendaraan roda empat keatas tidak melintas dan mengalihkan ke Tol Samarinda-Balikpapan (Balsam).

“Sementara kami alihkan dulu untuk kendaraan roda empat keatas lewat jalur Tol Balsam dan jalan alternatif,” kata Kasatlantas Polres Kukar, AKP Creato Sonitehe Gulo.

Menurutnya daerah tersebut rawan longsor, jika kendaraan besar melintas maka dapat mempercepat terjadinya longsor.

Untuk itu kendaraan besar dan pengangkut barang yang menuju Kukar-Balipapan atau sebaliknya melewati jalan Tol Balsam maupun jalur Sanga-Sanga, Muara Jawa, Samboja ke Balikpapan. “Untuk kendaraan roda empat dan motor masih diperbolehkan melintas di jalan tersebut,” katanya.

Personel Satlantas juga tetap melakukan penjagaan di daerah tersebut. Pihaknya juga menempatkan pemberitahuan di KM 38 depan pos polisi dan pertigaan Loa Janan.

Retakan jalan nasional di kilometer 6 semakin meluas. Akibatnya, jalur Poros Samarinda-Balikpapan tersebut terancam ‘amblas’. Tidak hanya berimbas kepada jalan, tapi beberapa rumah rumah mengalami kerusakan akibat pergeseran tanah tersebut.

Kapolsek Loa Janan, AKP Yasir mengatakan keretakan jalan awalnya berdiameter 15 centimeter (Cm), nmaun kini menjadi 30 Cm. Bahkan, kata Yasir jalan tersebut turun sekitar stengah meter. “Retakannya semakin meluas mulai tadi malam (kemarin malam),” kata AKP Yasir. (*)

Sumber: Koran Kaltim

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah