Kaltara

Kemenag Kaltara Anggarkan Rp5 Miliar Bangun Madrasah dan KUA

Suriansyah

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Kalimantan Utara (Kaltara) mengalokasikan anggaran  sekitar Rp5 miliar untuk membangun madrasah dan Kantor Urusan Agama (KUA) pada tahun ini.

Kepala Kanwil Kemenag Kaltara, H. Suriansyah mengatakan, anggaran yang dikucurkan untuk membangun madrasah sekitar Rp3 miliar. Nominal ini disebut Suriansyah sudah tergolong besar. “Anggaran untuk membangun madrasah cukup besar. Ada di angka Rp3 miliar lebih, hampir Rp4 miliar malah,” kata Suriansyah kepada awak media, belum lama ini.

Lokasi pembangunan madrasah di dua wilayah. Yakni Kabupaten Bulungan dan Kota Tarakan. “Madrasah itu InshaAllah di MAN (Madrasah Aliyah Negeri/Setara SMA) Tanjung Selor, sebanyak enam lokal (Ruang Kelas), dengan lokal yang representatif. Kemudian di Madrasah Tsanawiyah (Setara SMP) Tarakan,” paparnya.

Sementara itu, anggaran untuk membangun KUA sekitar Rp1,7 miliar. Lokasinya pada tiga wilayah di Bumi Benuanta – Sebutan Kaltara. “Kalau KUA, InshaAllah kita bangun di Bulungan, Tarakan dan Nunukan,” jelas Suriansyah.

Melalui pembangunan KUA, Suriansyah menargetkan pelayanan keagamaan untuk masyarakat bisa lebih maksimal. Oleh karena itu, ia menekankan agar petugas nantinya bisa menerapkan lima budaya kerja Kemenag. Yakni integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab dan keteladanan.

“Kemenag terus berupaya melakukan penguatan pelayanan di semua wilayah. Salah satunya melalui pembangunan KUA ini. Selanjutnya didukung oleh kinerja pegawai yang sesuai budaya kerja di lingkup Kemenag,” ujarnya.

Adapun, pembangunan madrasah diharap mendukung akses pelayanan pendidikan islam untuk masyarakat. “Dalam mengembangkan sistim pendidikan yang lebih baik, tentu dibutuhkan sarana dan prasarana yang memadai. Oleh itu dianggarkan pembangunan madrasah ini. Sehingga madrasah bisa memberikan pehamanan pendidikan keagamaan untuk lebih banyak masyarakat,” kata Suriansyah.

“Sama halnya dengan KUA, pembangunan fisik madrasah juga harus didukung sdm pendidik dan tenaga kependidikan yang mumpuni. Jadi semua lebih terstruktur dan masif,” tambahnya.(*)

Reporter: Agung Riyanto
Editor: Eddy Nugroho

Mari cegah penyebaran Covid-19 dengan 5 M;

  • Memakai masker
  • Mencuci tangan
  • Menjaga jarak
  • Mengurangi mobilitas dan interaksi
  • Menghindari kerumunan