Nunukan

Kelulusan CPNS  Tunggu Pengumuman BKN

SEJUMLAH peserta  saat menjalani tes SKD di kantor Bupati Nunukan,bulan lalu. (foto: Asrin/Koran Kaltara)
NUNUKAN, Koran Kaltara - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Nunukan masih menunggu keputusan Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk pengumuman kelulusan peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang mengikuti tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Sekertaris BKPSDM Nunukan Kusworo Waluyo mengatakan, pihaknya belum mengetahui  pasti berapa jumlah peserta yang lulus  tes SKB CPNS.…

NUNUKAN, Koran Kaltara – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Nunukan masih menunggu keputusan Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk pengumuman kelulusan peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang mengikuti tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Sekertaris BKPSDM Nunukan Kusworo Waluyo mengatakan, pihaknya belum mengetahui  pasti berapa jumlah peserta yang lulus  tes SKB CPNS.

“Belum ada mas. Kita juga masih menunggu pengumuman dari BKN,” jelasnya kepada Koran Kaltara, Rabu (12/12/2018).

Sebelumnya, kata dia, ada 345 peserta menjalani tes SKB,  dimulai Senin hingga Selasa (10-11/12/2018) kemarin.

“Kemarin kan yang dapat passing grade hanya 24 orang. Jadi selebihnya itu diambil dari rangking,” tambahnya.

Menurutnya, pengumuman akan disampaikan ke peserta yang lulus. “Kita ingin mereka yang memaksimalkan dan meningkatkan pelayanan di Nunukan.  Kita tahu banyak kekurangan tenaga, makanya adanya penerimaan ini. Jadi kita harap bisa mencapai kouta,”  kata dia.

Diketahui,  SKB  menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).  Peserta yang memiliki nilai tertinggi dari batas nilai akan dinyatakan lulus. Sebab, tes SKB merupakan penentu bagi peserta yang lulus atau tidak.

Pada,  tes SKD bulan lalu, banyak peserta tidak mendapatkan passing grade untuk mengikuti tes SKB. Dimana 1.175 peserta yang mendaftar di Kabupaten Nunukan, hanya  1.137 mengikuti tes SKD. Dan, 24 peserta yang lulus passing grade.

Hal itu membuat kouta CPNS Nunukan sebanyak 237,  terdiri  terdiri dari pendidikan 150 dan kesehatan 87 orang, terancam tidak terpenuhi. Sehingga   Menpan RB menerbitkan Peraturan Menteri PANRB (Permenpan)  Nomor 61 Tahun 2018 tentang Optimalisasi Pemenuhan Kebutuhan/Formasi Pegawai Negeri Sipil Dalam Seleksi CPNS tahun 2018. (*)

Reporter: Asrin

Editor: Sobirin

Artikel ini juga terbit di versi cetak Koran Kaltara edisi 13 Desember 2018