Nunukan

Kecamatan Nunukan dan Nunukan Selatan Masih Belum Boleh PTM

Salah satu proses pembelajaran tatap muka di Kabupaten Nunukan. (foto: Asrin)

NUNUKAN, Koran Kaltara – Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Kecamatan Nunukan dan Nunukan Selatan masih belum diperbolehkan, meskipun Kabupaten Nunukan telah memasuki PPKM Level 3.

Hal ini disampaikan Kabid Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Nunukan Widodo kepada Koran Kaltara, Rabu (15/9/2021).

“Dari SKB empat menteri, keputusan PTM diserahkan ke daerah. Tentunya, dengan berbagai persyaratan, pertimbangan, progress, dan sebagainya,” ujarnya.

Dia mengatakan, sesuai intruksi Mendagri, wilayah di PPKM level 3 boleh melakukan PTM atau daring.

“Tetapi ada rujukan lagi di bawahnya. Setiap daerah menetapkan buka atau tidaknya,” jelasnya.

Dari rujukan itu, kata dia, diterbitkan SK Bupati Nunukan yang menyebutkan, untuk Kecamatan Nunukan dan Nunukan Selatan masih belum diperbolehkan PTM terbatas.

Pertimbangannya, kedua kecamatan masih sangat berisiko penularan Covid-19.

“Di luar dua kecamatan ini, boleh buka tatap muka terbatas. Tetapi, tidak sama sebelum pandemi Covid. Jumlah per kelas dikurangi, hanya bisa terisi 50 persen. Dan, jam belajar tidak terlalu lama. Intinya, kembali lagi kepada masing-masing sekolah,” bebernya.

Menurut dia, meskipun diperbolehkan PTM, tetapi sifatnya tidak wajib. Sekolah bisa memutuskan membuka PTM atau tidak membuka PTM.

“Contoh, jika ada kasus konfirmasi di lingkungan sekolah, maka bisa tidak dilakukan PTM. Jadi boleh tapi tidak wajib,” ujarnya.

Sebenarnya, kata dia, untuk Nunukan dan Nunukan Selatan, boleh tatap muka terbatas, namun semuanya muridnya harus sudah divaksin.

“Kita koordinasi ke sekolah, rata-rata belum divaksin. Ada murid sudah divaksin, tetapi mereka ikut umum, tidak di sekolah. Makanya, saat ini sekolah masih melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk vaksinasi pelajar,” jelasnya.  (*)

Reporter: Asrin
Editor: Sobirin

About the author

Koran Kaltara

Add Comment

Click here to post a comment