Nasional

Kebakaran Gedung Kejagung, Mahfud MD Sebut Ruang Intel Ikut Terbakar

Kebakaran di gedung Kejagung Sabtu (22/8) malam. ( Foto: Antara)

JAKARTA– Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan kebakaran gedung Kejaksaan Agung (Kejagung) juga melalap ruang intelijen di gedung utama Kantor Kejagung RI tersebut malam ini.

Hal ini diungkap Mahfud melalui cuitan di akun twitter resmi miliknya @MohmahfudMD pukul 22.02 WIB.

“Yang terbakar adalah ruang intelijen dan ruang SDM. Saya sudah bicara langsung dengan Jaksa Agung Pak ST Burhanuddin dan JAM Pidum Pak Fadhil Zumhana,” cuit Mahfud.

Meski gedungnya terbakar, Mahfud mendapatkan informasi bahwa semua berkas perkara dan dokumen terkait kasus-kasus yang ditangani Kejaksaan Agung aman.

“Terkait kebakaran di Gedung Kejagung, dapat diinfokan bahawa dokumen perkara aman sehingga kelanjutan penanganan perkara tak akan terlalu terganggu,” cuit dia lagi.

Sementara itu di kawasan kompleks Kejagung malam ini, Jaksa Agung ST Burhanuddin merinci ruangan yang ikut dilalap api saat kebakaran terjadi.

Berbeda dengan yang diungkap Mahfud, Burhanuddin mengatakan yang terbakar adalah ruangan biro kepegawaian, biro keuangan dan biro umum.

Hingga saat ini dia belum bisa memastikan penyebab kebakaran gedung Kejaksaan Agung tersebut.

“Kita masih selidiki. Tapi yang utamanya, bahwa berkas-berkas perkara tidak ada di sini,” kata ST Burhanuddin dikutip CNNIndonesia.com.

Selain memastikan dokumen berkas-berkas perkara aman dari lalapan api, Burhanuddin pun menerangkan kondisi tahanan pun aman.

Meskipun demikian, pihaknya masih melihat situasi terlebih dulu untuk menentukan apakah perlu mengevakuasi tahanan atau tidak.

PMI Kerahkan Ambulans

Palang Merah Indonesia (PMI) mengerahkan dua unit ambulans dan sejumlah personelnya untuk membantu penanganan kebakaran Gedung Kejaksaan Agung (Kejagung) RI di Jalan Sultan Hasanudin Dalam, Jakarta Selatan, pada Sabtu, (22/8) sekitar pukul 19.10 WIB.

“Kami mendapatkan laporan bahwa Gedung Kejagung RI yang berada di Kelurahan Kramat Pela, Kecamatan Kebayoran Baru, kebakaran dan langsung mengerahkan personel, ambulans dan motor ERU ke lokasi,” kata Staf Bidang Pelayanan PMI Jakarta Selatan Junaedi Adhi Piun, Sabtu (22/8) dikutip Antara.

Menurutnya, pengerahan personel dan armada ini untuk membantu petugas pemadam kebakaran yang tengah berjibaku memadamkan api yang terus berkobar dan membesar agar tidak menjalar ke sejumlah bangunan lainnya.

Personel yang dikerahkan itu disiagakan di lokasi khawatir ada yang menjadi korban seperti mengalami kecelakaan atau cidera, sehingga bisa cepat memberikan pertolongan pertama.

Personel yang ditugaskan untuk membantu proses penanganan kebakaran ini juga dilengkapi dengan peralatan keselamatan.

Hingga saat ini, api masih berkobar di beberapa penjuru bangunan lembaga tersebut, petugas gabungan pun masih berupaya menjinakkan “si jago merah”, selain itu akses lalu lintas di sekitar lokasi kejadian pun untuk sementara dialihkan.

“Dalam penanganan kebakaran ini kami pun berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Damkar maupun kepolisian,” tambahnya.

Informasi yang dihimpun, untuk memadamkan api yang membakar Gedung Kejagung RI tersebut sebanyak 27 unit kendaraan damkar dikerahkan, petugas damkar pun sudah menjinakan titik api yang masih menyala. (*)

Sumber: Antara/CNNIndonesia

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah