Tarakan

Kasus Positif Covid-19 di Tarakan Kembali Bertambah

dr Devi Ika Indriarti

TARAKAN, Koran Kaltara – Kasus Covid-19 di Kota Tarakan kembali bertambah per Selasa (11/8/2020). Total akumulasi terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 92 orang, dimana sebanyak 88 orang sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Juru bicara gugus tugas percepatan dan penanganan Covid-19 Tarakan, dr Devi Ika Indriarti mengatakan, hari ini bertambah satu terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Tarakan, setelah didapatkan hasil swab positif.

“Covid-19 yang baru yakni Covid92, atas nama (inisial) DBA, jenis kelamin perempuan umur 21 tahun, warga Kelurahan Karang Rejo,” jelasnya.

Devi mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan tracing kasus dan belum diketahui apakah yang bersangkutan merupakan pelaku perjalanan atau mendapatkan Covid-19 dari transmisi lokal.

“Masih dilakukan tracing kasusnya. Yang bersangkutan sudah melakukan isolasi mandiri dan tanpa gejala Covid-19,” katanya.

Diketahui sehari sebelumnya, Tarakan mendapatkan penambahan kasus terkonfirmasi positif sebanyak dua orang, dimana kasus positif didapatkan dari pelaku perjalanan dari dari luar daerah yakni (kode pasien) Covid90, BP laki-laki umur 46 tahun dari Prabumulih.

Sementara bersamaan diterima hasil pada tanggal 10 Agustus juga didapatkan hasil orang positif Covid-19 (kode pasien) Covid91 atas nama inisial MA, jenis laki-laki umur 28 tahun datang dari Gresik Jawa Timur.

Sementara itu, perkembangan jumlah kasus suspek yang dipantau saat ini sebanyak 37 orang. Kasus suspek, yaitu orang infeksi saluran pernapasan atas (ISPA). Kemudian selama 14 hari sebelum diperiksa apakah ada kotak erat dengan pasien Covid-19.

Jumlah kasus kontak erat yang sedang dipantau saat ini sebanyak 37 orang. Kontak erat adalah orang yang memiliki riwayat kontak dengan kasus probale atau konfirmasi Covid-19. (*)

Reporter: Ariyanto
Editor: Didik

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah