Tarakan

Kasus Positif Covid-19 di Tarakan Bertambah 80 Orang

dr Devi Ika Indriarti

TARAKAN, Koran Kaltara – Kasus Covid-19 di Kota Tarakan, hari ini Selasa (19/1/2021) bertambah cukup signifikan, yaitu sebanyak 80 orang setelah didapatkan hasil pemeriksaan swab.

Juru bicara (jubir) Satgas Penanganan Covid-19 Tarakan, dr Devi Ika Indriarti mengatakan, dengan bertambahnya 80 kasus baru, maka jumlah akumulasi kasus mencapai 3.176 orang.

“Alhamdulillah hari ini bertambah pasien sembuh sebanyak 51 orang, sehingga total pasien yang sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19 sebanyak 1.791 orang,” terangnya.

Sementara jumlah pasien aktif atau pasien yang masih dirawat maupun menjalani isolasi mandiri sebanyak 1.340 orang. Untuk kasus suspek yang dipantau sebanyak 305 orang dan kasus kontak erat 2.138 orang.

“Kasus kontak erat jika tidak bergejala wajib melakukan isolasi mandiri di rumah selama 10 hari. Kemudian kontak erat dengan gejala, maka statusnya menjadi suspek dan harus dilakukan pemeriksaan swab,” jelasnya.

Devi mengatakan, kontak erat tetap mendapatkan pengawasan dari puskesmas berkoordinasi dengan ketua RT setempat. Kontak erat di Tarakan cukup banyak, bahkan dari kasus aktif 1.340 orang dengan kontak erat masing-masing 5-6 orang jumlahnya mencapai lima ribuan lebih.

Sedangkan, jumlah pasien konfirmasi meninggal dunia sebanyak 45 orang dan pasien probable yang meninggal dunia satu orang.

BACA JUGA: Total Pasien Covid-19 Meninggal di Tarakan Mencapai 45 Orang

Devi juga menyampaikan, bahwa Satgas Penanganan Covid-19 telah menerbitkan rekomendasi penyelenggaraan layanan rapidtest antigen swab di fasilitas kesehatan tingkat pertama atau dokter praktik sebanyak dua orang.

“Per hari ini, hanya dua FKPT yang mengajukan dan telah mendapatkan rekomendasi penyelenggaraan rapistest antigen swab, yaitu dr Putih Amaliana alamat Apotek L-Mas dan dr Edi Samudro alamat Jalan Kusuma Bangsa,” imbuhnya.

BACA JUGA: Surat Rekomendasi Penyelanggara Layanan Rapid Antigen- Swab Wajib Diperpanjang

Kemudian FKTP lainnya yang belum mendapatkan rekomendasi dari satgas diharapakan tidak membuka layanan rapidtest antigen swab. Dia menegaskan, bahwa surat dikeluarkan FKPT yang belum mendapatkan rekomendasi tidak berlaku. (*)

Reporter: Ariyanto
Editor: Didik

Mari cegah penyebaran Covid-19 dengan 5 M;

  • Memakai masker
  • Mencuci tangan
  • Menjaga jarak
  • Mengurangi mobilitas dan interaksi
  • Menghindari kerumunan