Tana Tidung

Kasus Positif Covid-19 di KTT Bertambah Satu Orang

Foto: Ilustrasi/Internet

TANA TIDUNG, Koran Kaltara – Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Tana Tidung (KTT) per Rabu (13/1) bertambah satu kasus. Kasus baru tersebut merupakan kasus transmisi lokal hasil tracing kontak erat di Desa Tideng Pale, Kecamatan Sesayap. Dengan demikian, maka jumlah akumulasi kasus konfirmasi positif Covid-19 di KTT menjadi 93.

Selain penambahan kasus baru, juga terdapat penambahan pasien sembuh sebanyak dua orang. Sehingga pasien yang sudah dinyatakan sembuh total sebanyak 46 orang

“Sementara pasien yang masih dirawat sebanyak 47 orang, diantaranya 41 dari kasus transmisi lokal dan enam kasus import. Semua pasien yang masih dirawat ini dalam keadaan stabil. Kita berharap pelan-pelan semuanya akan sembuh cepat,” jelas Jubir Satgas Penanganan Covid – 19 KTT, Idham Noor, Kamis (14/1/2021).

Menurut dia, kasus kontak erat yang paling mengkhawatirkan karena peningkatannya cukup tinggi hanya dalam waktu satu hari. Hal itu berdasarkan tracing kasus dari pasien Covid-19 yang terus bertambah setiap hari.

Jumlah kontak erat yang dipantau saat ini sebanyak 44 orang, kemudian kasus suspek sebanyak 22 orang dan discarded negatif swab 793 orang.

Dia berharap seluruh masyarakat menaati aturan protokol kesehatan (prokes) seoptimal mungkin supaya dapat menjaga keamanan dan keselamatan diri, termasuk orang-orang yang ada di sekitarnya. Diakuinya, pemerintah melakukan pencegahan dan penanganan sekaligus dengan harapan penyebaran Covid-19 di wilayah terputus mata rantainya.

Selain itu, kata dia, tingkat kesembuhan lebih baik saat ini. Dia menyebut tingkat kesembuhan akan berjalan maksimal jika pasien dalam keadaan rileks dan orang-orang terdekat memberikan motivasi.

“Kuncinya rileks dan tidak terlalu stres memikirkan hal-hal yang semakin membuat hasil swab positif terus. Yang terpenting tidak ada penyakit bawaan dan semua kondisi dalam keadaan stabil, penyembuhan akan cepat. Pasien yang menjalani perawatan tetap melakukan olahraga dan melakukan berbagai kegiatan yang intinya menuju sehat,” ungkapnya.

Dia juga berpesan kepada yang masih sehat dan bebas Covid-19 agar menjaga kondisi dan menghindari virus Corona dengan tetap fokus serta disiplin menjalankan protokol kesehatan. (*)

Reporter: Hanifah
Editor: Didik

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah