Headline

Kasus Positif Baru Muncul Lagi di Malinau

POS PEMERIKSAAN - Tampak kendaraan yang hendak masuk ke Malinau diperiksa. (Foto: Rizqy/Koran Kaltara)
  • Bertambah Tujuh Orang, Total Akumulasi Menjadi 294 Kasus di Kaltara

MALINAU, Koran Kaltara – Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) tampaknya belum terbebas dari paparan Coronavirus Disease (Covid-19). Setelah disebutkan ada 50 orang yang sembuh beberapa hari yang lalu, kembali muncul kasus baru, sesuai rilis Kamis (6/8/2020). Seperti yang disampaikan oleh Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kaltara Agust Suwandy, bahwa terdapat tambahan 7 orang yang terinfeksi virus corona.

Ketujuh orang tersebut, semuanya dari Kabupaten Malinau. Mereka terkait Kluster Perusahaan, terbagi atas dua orang karyawan perusahaan, dan lima orang adalah kontak eratnya. Masing-masing tiga orang laki-laki dengan inisial ML (39 Tahun), AY (26 Tahun) dan UL (22 Tahun). Lalu empat orang perempuan inisial NI (55 Tahun), AA (22 Tahun), MR (26 Tahun) dan SS (27 Tahun).

“Ada tujuh kasus baru, yang semuanya memang berasal dari Kabupaten Malinau,” sebut Agust.

Dengan adanya penambahan kasus baru tersebut, akumulasi positif covid-19 di Kaltara sebanyak 294 kasus. Terdiri dari Tarakan 88 kasus, Malinau 104 kasus, Nunukan 47 kasus, Bulungan 48 kasus dan Tana Tidung 7 kasus. “Untuk data laporan hari ini (kemarin), tidak ada tambahan pasien yang dinyatakan sembuh,” ujarnya.

Artinya, total pasien yang sembuh hingga Kamis, tetap sebanyak 265 orang di Kaltara. Terdiri dari Tarakan 88 orang, Malinau 84 orang, Nunukan 44 orang, Bulungan 42 orang dan Tana Tidung 7 orang.

“Yang meninggal dunia tetap dua orang, sehingga yang masih menjalani perawatan sampai saat ini terdapat 27 orang. Empat di Bulungan, tiga di Nunukan dan 20 di Malinau. Persentase kesembuhan 90,75 persen,” ungkap pria yang juga Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kaltara itu.

Selain menyampaikan data positif dan kesembuhan, juga dibeberkan data suspek yang diisolasi sebanyak 19 orang. Selanjutnya, data probable sebanyak 18 orang.

“Karena penularan masih berpotensi terjadi, kami selalu ingatkan masyarakat untuk tetap disiplin dengan protokol kesehatan covid-19. Khususnya dalam masa adaptasi kehidupan baru, masyarakat harus membiasakan pola hidup sehat. Selalu pakai masker, tetap menjaga jarak dan cuci tangan sesering mungkin pakai sabun dengan air mengalir,” katanya memberikan imbauan. (*)

Reporter: Fathu Rizqil Mufid
Editor: Nurul Lamunsari

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah