Headline

Kasus Kematian Tersebar di Empat Daerah

Jubir Satgas Agust Suwandy saat memandu pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 perdana beberapa hari yang lalu. (Foto: Rizqy/Koran Kaltara)
  • Bertambah, 76 Orang Meninggal Dunia Akibat Covid-19 di Kaltara

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Peningkatan kasus kematian akibat Covid-19 di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) kembali terjadi. Bahkan, di awal Tahun 2021 ini,  empat daerah yakni Tarakan, Bulungan, Nunukan dan Malinau telah mencatat adanya pasien yang terkonfirmasi positif Virus Corona meninggal dunia. Hanya Tana Tidung yang nihil kasus kematian.

Hingga Minggu (17/1/2021), sudah 76 nyawa manusia yang direnggut oleh virus asal Wuhan, China tersebut. Paling banyak di Tarakan dengan 44 orang, kemudian Bulungan 22 orang, Nunukan 9 orang dan Malinau 1 orang. Termasuk di dalamnya satu data terbaru meninggal dunia, kemarin.

“Data tambahan positif Covid-19 yang meninggal dunia dari Tarakan. Seorang perempuan atas inisial R (53 Tahun),” sebut Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kaltara, Agust Suwandy.

Adapun kasus penambahan terkonfirmasi positif, juga mengalami penambahan total 25 orang di Tarakan. Kemudian total penambahan pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 109 orang. Masing-masing di Tarakan 95 orang, Bulungan 5 orang, Nunukan 7 orang dan Tana Tidung 2 orang.

Terhadap perkembangan kasus baru tersebut, total kasus aktif di Kaltara masih tinggi yakni 2.064 orang. Paling tinggi di Tarakan dengan 1.346 kasus, lalu Bulungan 381 kasus, Nunukan 218 kasus, Malinau 73 kasus dan Tana Tidung 46 kasus.

“Penambahan kasus masih terus terjadi karena tracing terhadap adanya kasus positif juga terus dilakukan. Kemudian pasien yang dinyatakan sembuh setelah menjalani isolasi dan perawatan juga bertambah tentunya,” ungkapnya.

Sementara itu, akumulasi positif Covid-19 di Kaltara sejak adanya kasus pertama 27 Maret 2020 lalu telah mencapai 5.631 kasus. Secara berturut-turut, paling banyak Tarakan akumulasi 3.060 kasus, Bulungan 1.343 kasus, Nunukan 811 kasus, Malinau 323 kasus dan Tana Tidung 94 kasus.

“Kita terus melakukan pengawasan dari tim satgas yang ada. Namun yang tidak kalah pentingnya, penerapan protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan oleh masyarakat. Walaupun sudah ada vaksin, namun upaya pencegahan masih tetap dilakukan dan tetap disiplin,” tegas Agust. (*)

Reporter: Fathu Rizqil Mufid
Editor: Nurul Lamunsari

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah