Kaltara

Kasus Covid-19 di Kaltara Terus Bertambah

Agust Suwandy
  • Bulungan dan Tarakan Mendominasi Kasus Terbanyak

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Peningkatan kasus baru terkait Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), beberapa hari terakhir cukup signifikan. Data yang disampaikan melalui Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kaltara, setidaknya ada dua daerah yang mendominasi penambahan kasus baru, yakni Kota Tarakan dan Kabupaten Bulungan. Di samping tiga daerah lain juga masih terdapat pasien yang menjalani perawatan intensif.

Melalui rilis yang disampaikan oleh Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kaltara Agust Suwandy, Selasa (15/9/2020) ada laporan penambahan baru di Kabupaten Bulungan. Meski diketahui, data itu sudah masuk pada laporan tertanggal 14 September 2020.

“Ada kasus baru di Kabupaten Bulungan yang datanya sudah masuk pada 14 September 2020. Yaitu atas nama ES, laki-laki usia 18 tahun merupakan transmisi lokal. Lalu RN, perempuan usia 51 tahun juga transmisi lokal. Yang ketiga SA, laki-laki usia 53 tahun juga transmisi lokal. Dan HS, perempuan usia 46 tahun adalah kontrak erat,” bebernya kemarin.

Penambahan kasus baru warga yang terjangkit Virus Corona di Kaltara kini semakin menjadi perhatian. Apalagi secara akumulasi, total positif covid-19 di Kaltara sudah mencapai angka 479 kasus. Tertinggi masih di Tarakan dengan akumulasi 181 kasus, menyusul Malinau 131 kasus, Bulungan 104 kasus, Nunukan 54 kasus dan Tana Tidung 9 kasus.

“Jumlah akumulasi kasus positif sebanyak 479 orang di Kaltara. Kemudian yang dinyatakan sembuh total saat ini 394 orang dan meninggal dunia sebanyak tiga orang,” sebut Agust.

Sementara itu, yang masih menjalani perawatan saat ini di Kaltara tercatat total 82 pasien. Paling banyak pasien di rawat di Bulungan dengan 42 orang. Lalu di Tarakan 28 pasien, Malinau 9 pasien, Nunukan 2 pasien dan Tana Tidung 1 pasien.

“Oleh karena itu, kami selalu mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan covid-19. Dengan begitu, kita bisa meminimalisir penularan virus ini, agar tidak semakin meluas dan terjadi penularan dari orang per orang,” imbaunya. (*)

Reporter: Fathu Rizqil Mufid
Editor: Eddy Nugroho

 

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah