Headline

Kasus Covid-19 di Kaltara Masih Bertambah

Tampak Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang saat dicek suhu tubuhnya sebelum ikuti paripurna di DPRD Kaltara. (Foto: Rizqy/Koran Kaltara)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Upaya menekan angka penularan Virus Corona (Covid-19) yang masih terus dilakukan pemerintah. Tidak terkecuali di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), dimana sejumlah langkah telah dilakukan oleh pemerintah daerah. Terakhir, pemprov kembali memperketat pengawasan di jalur akses darat antara Bulungan (Kaltara) – Berau (Kalimantan Timur).

Namun demikian, kasus Covid-19 di provinsi ke-34 ini masih mengalami penambahan. Dalam rilis tertulis yang disampaikan oleh Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kaltara Agust Suwandy, Senin (22/2/2021), setidaknya ada sebanyak 95 orang yang terkonfirmasi positif.

“Data tambahan positif baru di Kaltara, dari Tarakan 56 orang, Tana Tidung 32 orang, Nunukan 4 orang dan Bulungan 3 orang (total 95 orang),” sebutnya, kemarin.

Selain tambahan kasus baru, juga terdapat laporan soal pasien positif yang meninggal dunia. Yakni seorang laki-laki di Tarakan inisial RAK (46 Tahun) yang meninggal dunia pada Sabtu (20/2) dengan riwayat penyakit ginjal. Selain itu, seorang laki-laki di Bulungan inisial KS (71 Tahun) meninggal dunia pada Minggu (21/2) dengan riwayat penyakit prostat.

“Namun ada pula penambahan pasien yang dinyatakan sembuh di Tarakan 22 orang. Lalu, di Tana Tidung 26 orang, di Bulungan 19 orang dan di Nunukan 1 orang,” lanjutnya.

Terhadap perkembangan data terbaru itu, kasus aktif (masih dirawat) di Kaltara sebanyak 1.888 orang (20,9 persen). Masing-masing di Tarakan 1.277 orang, Bulungan 348 orang, Malinau 105 orang, Tana Tidung 83 orang dan Nunukan 75 orang.

“Sedangkan jumlah pasien yang sembuh di Kaltara sebanyak 7.145 orang (89,1 persen). Yang meninggal dunia sebanyak 141 orang (1,5 persen). Sehingga akumulasi positif Covid-19 di Kaltara sebanyak 9.173 kasus,” beber Agust. (*)

Reporter: Fathu Rizqil Mufid
Editor: Nurul Lamunsari

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah