Nunukan

Kasus Baru Positif Covid-19 Mungkin Bisa Ditemukan Lagi

Aris Suyono

NUNUKAN, Koran Kaltara – Sampai saat ini belum ada penambahan kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19. Namun tidak membuat Gugus Tugas Percepatan Covid-19 Nunukan bersantai.

“Nunukan masih dalam kondisi dinamis. Sewaktu-waktu bisa saja pasien terkonfirmasi baru akan ditemukan. Ini tetap menjadi perhatian kami. Kita sudah menemukan masih banyak orang yang hasil rapid test menunjukan reaktif,” Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Nunukan, Aris Suyono, Kamis (2/7/2020).

Menurut dia, hasil rapid test reaktif ini, kebanyakan pelaku perjalanan dari luar daerah. Semuanya ditemukan menyebar hampir di seluruh kecamatan.

“Kita masih berpedoman rapid test mendeteksi antibodi dan kemungkinan besar terpapar Covid-19. Inilah yang menjadi perhatian kami karena masih dinamis,” tuturnya.

Dia menyampaikan, pada minggu ke-14 dan minggu ke-15 sejak kasus Covid-19 ditemukan di Nunukan, belum ada penambahan kasus.

“Saat ini masih 43 kasus terkonfirmasi positif (akumulatif) dengan 41 orang dinyatakan sembuh. Ke depannya, kita belum tahu apakah ada ditemukan kasus baru atau tidak,” tambahnya.

Dia menegaskan, bahwa kuncinya adalah kedisiplinan masyarakat mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Sebab, kasus baru akan muncul jika masyarakat tidak peduli dengan protokol kesehatan.

“Terutama menaati dan disiplin menggunakan masker saat di luar rumah. Cuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun. Lalu, menjaga jarak serta menghindari kerumunan. Inilah sifat umum protokol yang harus dipatuhi,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, penanganan di bidang kesehatan akan tetap dilakukan. Bahkan, tim kesehatan di Gugus Tugas Covid-19 tetap akan melakukan kegiatan screening di pintu masuk kedatangan orang dari luar daerah, surveilans aktif, pemantauan kekarantinaan dan perawatan Covid-19.

“Fokus kita pada surveilans aktif dan pemantauan kelompok berisiko. Tak kalah penting, kita memerhatikan sasaran orang yang mengidap beberapa penyakit, seperti hipertensi, jantung dan kelompok usia lanjut,” kata dia. (*)

Reporter: Asrin
Editor: Sobirin

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah