Hukum Kriminal

Kapolri Tetapkan 3 Polsek di Polres Nunukan Tak Bisa Lakukan Penyidikan

Mapolsek Sembakung di Desa Atap. (Foto: Istimewa)

NUNUKAN, Koran Kaltara – Kapolri  Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengeluarkan keputusan yang menetapkan tiga Kepolisian Sektor (Polsek), di wilayah Kepolisian Resort (Polres) Nunukan sebagai polsek pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, sehingga tidak dapat melakukan penyidikan. Ketiga polsek tersebut, yakni Polsek Sembakung, Polsek  Krayan dan Polsek Krayan Selatan.

Keputusan tersebut tertuang dalam Keputusan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor : Kep/613/III/2021 tentang Penunjukan Kepolisian Sektor Hanya Untuk Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Pada Daerah Tertentu (Tidak Melakukan Penyidikan).

Kapolres Nunukan AKBP Syaiful Anwar melalui Kasubag Humas Polres Nunukan, AKP M Karyadi mengatakan, penunjukan polsek hanya untuk pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat pada daerah tertentu merupakan tindaklanjuti dari program prioritas Kapolri pada bidang transformasi, penataan kelembagaan dan kegiatan penguatan polsek dan polres sebagai lini terdepan pelayanan Polri.

Karyadi mengatakan, salah satu pertimbangan ditunjuknya Polsek Sembakung, Polsek Krayan dan Polsek Krayan Selatan menjadi polsek untuk menangani bidang harkamtibmas karena tingkat penanganan hukum sangat minim.

Ke depan akan dievaluasi sesuai dengan kondisi wilayah, khususnya terkait pelanggaran hukum atau pidana. “Secara bertahap juga akan dilakukan penunjukan sesuai dengan arahan dari Mabes Polri, polda dan itu nanti disampaikan secara bertahap ke jajaran polres,” kata Karyadi. (*)

Reporter: Sabri

Editor: Didik

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tidak ada keperluan mendadak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah