Advertorial

Kapolda dan Gubernur Tanda Tangani Nota Kesepahaman; Pemanfaatan Command Center

Kapolda dan Gubernur Kaltara saat melakukan penandatanganan nota kesepahaman tentang pemanfaatan command center. (Istimewa)

TANJUNG SELOR – Bertempat di ruang command center Polda Kaltara, Kapolda Kaltara Irjen Pol Bambang Kristiyono dan Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang melaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman atau MoU, terkait pemanfaatan ruang kendali atau command center.

Penandatangan tersebut juga disaksikan Wakapolda Kaltara Brigjen Erwin Zadma dan Irwasda Polda Kaltara Kombes Yosi Hariyoso serta Pejabat Utama Polda Kaltara. Melalui rilis yang diterima Koran Kaltara, Kapolda menyampaikan, bahwa Polda Kaltara memiliki sarana teknologi yang sangat canggih.

Sarana itu, kata Kapolda bukan hanya diperuntukan untuk kinerja Polda, melainkan juga bisa digunakan untuk Pemprov Kaltara.

“Termasuk juga unsur Forkompimda yang lainnya bisa memanfaatkan sarana kita yang ada. Ini agar supaya terciptanya kamtibmas yang kondusif di wilayah Kaltara,” katanya, Selasa (3/8).

Seusai penandatanganan, Kapolda bersama Gubernur beserta rombongan langsung melakukan peninjauan di Pusat Kendali (Command Center) Polda Kaltara. Dalam tinjauan itu, Karo Ops Polda Kaltara Kombes Prasodjo Wibowo memberikan penjelaskan mengenai beberapa sarana yang dimiliki.

“Pusat Kendali memiliki berbagai aplikasi canggih. Salah satunya adalah aplikasi Asap Digital yang mampu mendeteksi titik panas yang berada diwilayah Kaltara. Selain itu ada juga aplikasi yang mampu mendeteksi wajah, serta mampu mengkalkulasi jumlah kerumunan warga. Hingga jika ada terjadi kontijensi sosial, bisa dapat di deteksi secara dini,” kata Prasodjo saat memberikan penjelasan.

Sementara itu, Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang dalam sambutannya, sangat mengapresiasi atas kinerja dan kreatifitas Kapolda Kaltara “Saya sangat mengapresiasi kepada Kapolda Kaltara, belum setahun menjabat, namun banyak karya dan prestasi yang dicapai,” ujar Gubernur.

Usai melakukan peninjauan di Comman Center, Kapolda, Gubernur berserta rombongan lainnya melakukan peletakan batu pertama pembangunan Gereja Ouikumene Polda Kaltara serta pembangunan rusun Polda Kaltara. Termasuk juga melakukan peninjauan proses pembangunan Poliklinik yang dibangun tak jauh dari Mapolda Kaltara. (*)

Reporter: Ramlan

Editor: Eddy Nugroho