Hukum Kriminal

Kanwil Kemenkumham Kaltim Periksa Lapas Nunukan

Lokasi dua narapidana  kabur dari Lapas Nunukan. (dok/Koran Kaltara)

NUNUKAN, Koran Kaltara – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Kaltim melakukan pemeriksaan di Lapas Nunukan. Pemeriksaan tersebut terkait masalah dua narapidana Lapas Nunukan yang berhasil melarikan diri dengan memanjat tembok belakang Lapas, pada Sabtu (13/2/2021) lalu.

Kepala Kanwil Kemenkumham Kaltim Sofyan mengaku sudah memerintahkan kepala bidangnya untuk melakukan pemeriksaan di Lapas Nunukan.

“Belum ada hasilnya. Kita masih periksa dan dalami kasus itu (kaburnya napi lapas Nunukan). Ini kan prosesnya panjang. Memang, kita agak terlambat turun, karena kemarin itu ada pergantian Kabid kami,” terangnya saat dihubungi Koran Kaltara, Senin (29/3/2021) pagi.

Menurut dia, apabila terbukti ada unsur kelalaian petugas atau sipir, maka pihaknya tak segan-segan memberikan sanksi tegas sesuai aturan yang berlaku. Sanksi itu bisa berupa penundaan atau penurunan pangkat atau penundaan gaji berkala maupun dipindahkan ke bagian administrasi.

“Pasti ada (sanksi). Apakah hukuman disiplin, teguran tertulis maupun lisan. Yang jelas, kita masih dalami kasusnya,” bebernya.

Dia menceritakan, bahwa dua narapidana itu kabur menggunakan sarung yang disambung-sambung untuk dijadikan tali.

“Namanya narapidana, pasti ada saja yang mereka perbuat. Mungkin mereka memanfaatkan kondisi saat petugas kurang teliti atau pergantian shift jaga,” kata dia.

Diketahui, dua narapidana Lapas Nunukan kasus pencurian itu berhasil melarikan diri, Sabtu (13/2/2021) sore. Mereka adalah Indra Adi (20), warga Desa Sanur Sebuku Nunukan dan Tuo (29) warga KTT. Keduanya merupakan tahanan asal Polres Bulungan. Mereka terjerat kasus pencurian dan dikenakan pasal 363 ayat 1 UU KUHP. (*)

Reporter: Asrin
Editor: Sobirin

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah