Kaltim

Kampung Ujoh Halang Gelar Ritual Laliq Ugal

DIMULAI: Ritual Adat Laliq Ugal yang dimaksudkan agar lahan yang sudah ditanami oleh masyarakat lokal bisa mendapat kesuburan. Dengan digelarnya ritual ini menandakan musim tanam dimulai. (Istimewa)
  • Tanda Dimulainya Musim Bercocok Tanam

SENDAWAR – Musim bercocok tanam untuk masyarakat suku Dayak Bahau yang berada di Kampung Ujoh Halang, Kecamatan Long Iram, sudah dimulai. Dimulainya musim tanam ini ditandai dengan digelarnya ritual adat Laliq Ugal beberapa waktu yang lalu, yang dihadiri Sekda Kubar, Ayonius.

Ritual ini tradisi turun temurun yang masih dipegang teguh suku Dayak Bahau. Dalam kesempatan itu, Ayonius memberikan apresiasi warga Ujoh Halang tersebut, yang masih melestarikan kearifan lokal dan adat istiadat masyarakat suku Dayak di tengah perkembangan zaman.

“Acara puncak Laliq Ugal diharapkan dapat dijadikan kegiatan budaya mengandung nilai-nilai luhur yang patut dilestarikan. Hendaknya ini terus dikembangkan untuk membina mental masyarakat, terutama generasi muda. Supaya tidak terpengaruh dengan berbagai budaya luar yang bertentangan dengan kebudayaan, adat istiadat dan kerukunan hidup masyarakat di Kubar,” ungkap Ayonius saat memberikan sambutan.

Adapun maksud dari ritual Laliq Ugal ini adalah bentuk ucapan permohonan/doa kepada yang maha kuasa, agar lahan yang sudah ditanami bisa diberkati dan diberikan kesuburan. Sehingga bisa menghasilkan sesuatu yang baik untuk dinikmati oleh petani ataupun masyarakat setempat.

“Selain itu, kegiatan ini menciptakan rasa kegotong-royongan yang diharapkan dapat terus ditingkatkan untuk hidup dalam bingkai persatuan dan kesatuan (sempekaat sempawaat). Semoga ini dapat terus dipelihara dan bisa diturunkan kepada generasi muda agar tidak tergerus dengan perkembangan jaman,” tambah Ayonius.

Dihadapkan dengan kondisi pandemi ini, diharapkan dan ditekankan dalam setiap kegiatan tersebut tetap menjalankan protokol kesehatan. Agar dapat membantu pemerintah memutus mata rantai penyebaran Covid-19 untuk tidak berkembang luas di Bumi Tanaa Purai Ngeriman. (*)

Sumber: Koran Kaltim

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah