Politik

Kampanye Pilkada Terapkan Protokol Kesehatan

Ketua KPU KTT, Hendra Wahyudi

TANA TIDUNG, Koran Kaltara – Masa kampanye pasangan calon peserta pilkada akan mulai dilaksanakan pada 26 September mendatang. Dengan pelaksanaan pilkada ditengah pandemi Covid-19 tentu berbeda dengan pelaksanaan kampanye pemilu sebelumnya.

Penerapan dan kepatuhan protokol kesehatan dalam pelaksanaan kampanye dengan tetap menggunakan masker dan menjaga jarak.

Ketua KPU KTT, Hendra Wahyudi menjelaskan, dalam pelaksanaan kampanye maupun tahapan pilkada di tengah pandemi tetap ditekankan kepada seluruh peserta pemilihan untuk taat dan patuh protokol kesehatan.

“Jangan sampai melakukan euforia atau hal-hal yang dapat memicu terjadinya penyebaran dan penularan Covid-19. Kita tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan dengan tetap melaksanakan tahapan pemilu di tengah pandemi Covid-19 saat ini,” katanya, Jumat (18/9/2020).

Dia berharap, pemilu dapat berjalan aman dan kondusif tidak hanya dari gesekan dan perpecahan antar peserta pemilu maupun pihak tertentu saja yang ingin memanfaatkan situasi dan mengambil keuntungan semata, tapi bagaimana aman dari virus Corona.

“Kita tahu, peningkatan kasus terjadi setiap harinya di Indonesia, begitu juga dengan daerah lainnya. KTT kita harapkan tidak ada kasus Covid-19 terjadi selama pelaksanaan tahapan pemilu. Semua tahapan di tengah pandemi memang terbatas, tapi kita tetap optimistis dapat melaksanakan pemilu sebaik-baiknya,” ujarnya.

Terpisah, Jubir Gugus Tugas Covid-19 KTT, Idham Noor tetap menganjurkan kepada seluruh masyarakat agar mematuhi dan taat aturan protokol kesehatan semaksimal mungkin.

Pasalnya, saat melakukan kontak fisik tanpa sengaja ataupun riwayat kegiatan tidak dapat diketahui penularan virus akan terjadi, apalagi dalam pelaksanaan tahapan pemilu nantinya seperti kampanye.

“Kita tidak mau ada peningkatan kasus terjadi lantaran satu atau beberapa pihak yang teledor dengan ketaatan protokol kesehatan. Jadi pastikan semua masyarakat, tanpa terkecuali membiasakan tertib dan disiplin protokol kesehatan,” katanya. (*)

Reporter: Hanifah
Editor: Didik

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah