Kaltara

Kaltara Menunggu Vaksin Tambahan

Saat vaksinasi perdana di Kaltara, beberapa pejabat provinsi dan kabupaten disuntik vaksin. (Foto: Rizqy/Koran Kaltara)
  • Pemerintah Minta Masyarakat Bijak Menyikapi Program Vaksinasi

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) tengah melaksanakan program vaksinasi Covid-19. Diketahui, vaksin perdana telah disuntikkan kepada sejumlah pejabat di tingkat provinsi dan kabupaten pada Kamis (14/1/2021) lalu. Kemudian, secara berkelanjutan Vaksin Sinovac akan disuntikkan kepada para tenaga kesehatan dan penunjang fasilitas kesehatan termasuk tenaga tracing. Hal itu berdasarkan arahan Kementerian Kesehatan terhadap tahapan vaksinasi di Indonesia.

Khusus di Kaltara, dialokasikan tahap pertama sebanyak 10.680 dosis untuk sumber daya manusia (SDM) kesehatan. Sementara, didistribusikan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltara baru ke dua daerah yakni Bulungan dan Tarakan. Masing-masing 4.600 dosis untuk Tarakan dan 3.000 dosis untuk Bulungan. Sedangkan 3.080 dosis masih disimpan di Gudang Farmasi Dinkes Kaltara.

Kepala Dinkes Kaltara Usman mengemukakan, tiga daerah lainnya akan bertahap didistribusikan. Sisa vaksin yang masih ada di Gudang Farmasi dikabarkan akan ditambah. Namun Kaltara masih menunggu tambahan vaksin tersebut.

“Kita masih menunggu vaksin tambahan. Karena memang SDM kesehatan yang terdaftar itu tujuh ribu lebih. Jadi masih kurang vaksinnya dan kita sudah ajukan penambahan. Mudah-mudahan Tanggal 22 (Januari) nanti sudah datang,” katanya, (17/1/2021).

Lebih jauh dijelaskan, penyuntikan vaksin yang berlangsung saat ini di dua daerah di Kaltara ditarget selesai Februari. Kemudian dilanjutkan di tiga daerah lainnya. “Karena untuk tahap pertama vaksin sasaran SDM kesehatan sampai Bulan April. Perkiraan waktu dengan tenaga vaksinator yang kita punya, Insya Allah akan selesai sesuai dengan target,” ujar dia.

Dikonfirmasi terkait tahapan vaksinasi selanjutnya, masih menunggu arahan Kemenkes. Dimana kelompok sasaran lainnya yang akan divaksin adalah pelayan publik, kelompok usia di atas 60 tahun, kelompok usaha kecil menengah hingga masyarakat umum.

“Kita ikuti jadwal dan arahan pusat. Kami menekankan, bahwa program vaksinasi ini adalah upaya kita untuk menekan angka penularan makin meluas. Kami juga ingatkan agar masyarakat bijak menanggapi program vaksinasi ini. Karena sudah aman baik dari sisi izin BPOM termasuk kehalalannya dari MUI,” tambahnya menjelaskan. (*)

Reporter: Fathu Rizqil Mufid
Editor: Eddy Nugroho

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah