Headline

Kaltara Kirim Ratusan Sampel ke BBLK Surabaya

RAPID TEST  -  Perkembangan kasus covid-19 di Kaltara belum ada perubahan baru  Namun sejumlah sampel masih harus menunggu hasil pemeriksaan dari BBLK Surabaya. (Foto: Rizqy/Koran Kaltara)
  • Belum Ada Tambahan Konfirmasi Hasil Pemeriksaan Baru

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara  – Jelang penerapan tatanan hidup baru alias new normal oleh pemerintah di tengah pandemi covid-19, sejumlah spesimen sampel masih terus harus dilakukan pemeriksaan. Tidak terkecuali dari Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), dimana masih cukup banyak orang dalam pengawasan dan pemantauan yang telah diambil sampelnya untuk diperiksa.

Jika beberapa hari yang lalu, tersisa puluhan sampel dari provinsi termuda di Indonesia ini yang menunggu hasil pemeriksaan. Kembali terjadi penambahan yang cukup banyak pada Minggu (31/5/2020). Pasalnya, Kaltara mengirimkan 176 sampel dari lima daerah yang ada di Kaltara.

“Hari ini (kemarin) pengiriman baru lagi ke Litbangkes Jakarta yang mungkin akan diteruskan lagi ke BBLK (Balai Besar Laboratorium Kesehatan) Surabaya. Dengan rincian sebanyak 176 sampel,” kata  Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltara Agust Suwandy.

Adapun sisa spesimen terakhir yang belum diperiksa yakni sebanyak 43 sampel yang telah diterima oleh BBLK Surabaya. Artinya dengan adanya penambahan sebanyak 176 sampel, total yang akan menunggu hasil uji swab sebanyak 219 sampel. “Iya, karena cukup banyak yang dikirim hari ini (kemarin) jadi bertambah (sampel yang akan diperiksa),” ujarnya.

Lebih rinci disebutkan, untuk 43 sampel yang lebih dulu dikirim berasal dari Bulungan 27 sampel dan Tarakan 16 sampel. Sedangkan untuk 176 sampel baru yang dikirim dari Kaltara, masing-masing dari Tana Tidung 33 sampel, Malinau 55 sampel, Bulungan 34 sampel, Nunukan 27 sampel dan Tarakan 27 sampel.

Berdasarkan informasi terakhir, adanya hasil pemeriksaan yang diterima Kaltara pada (29/5) lalu. Kemudian sampai kemarin, belum ada lagi hasil pemeriksaan baru untuk swab test, sehingga tidak ada perubahan angka kasus baik terkonfirmasi positif maupun yang sembuh. “Belum ada data laboratorium (yang baru),” sebut Agust.

Dengan demikian, total akumulasi positif covid-19 di Kaltara masih tetap 165 kasus. Sebanyak 72 orang telah dinyatakan sembuh, dan dua kasus kematian sehingga yang masih menjalani perawatan sebanyak 91 orang. (*)

Reporter: Fathu Rizqil Mufid
Editor: Nurul Lamunsari

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah