Headline

Kalak BPBD Kaltara : Edaran Menag Belum Bisa Langsung Diterapkan

Andi Santiaji Pananrangi

TANJUNG SELOR, Koran KaltaraKepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalimantan Utara, Andi Santiaji Pananrangi menyampaikan, surat edaran Menteri Agama (Menag) tentang  Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Keagamaan di Rumah Ibadah Dalam Mewujudkan Masyarakat Produktif dan Aman Covid di Masa Pandemi, belum bisa langsung diterapkan. Hal ini dikarenakan petugas di lapangan perlu menunggu turunnya formulasi teknis pelaksanaannya.

“Berkaitan dengan edaran dari Menteri Agama, perlu dibahas mengenai pemetaan status keamanan setiap wilayah di Kaltara dari covid-19. Selain itu kita juga perlu menunggu instruksi dari Ketua Gugus Pusat. Sehingga pelaksanaannya memang belum bisa diterapkan secara langsung,” kata Andi saat dihubungi Koran Kaltara, Minggu (31/5/2020).

Kendati demikian, Andi memastikan jika pengurusan surat keterangan aman covid-19 di rumah ibadah tidak akan dipersulit. Baik di tingkat kecamatan, kabupaten/kota hingga provinsi.

“Kalau sudah jelas semua, pastinya pengurusan surat keterangan aman ini sama sekali tidak akan dipersulit. Karena sudah ada dasar dari perkembangan status pandemi covid-19 pada setiap wilayah,” ulasnya.

Mengenai peran Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 tingkat provinsi, diprediksi Andi lebih fokus pada pengawasan dan evaluasi.

“Kalau saya baca edaran tersebut kan sifatnya berjenjang sesuai kapasitas rumah ibadah. Jadi sepertinya  kabupaten dan kota yang akan lebih banyak mengeluarkan rekomendasinya (surat keterangan aman covid-19). Kita dari tingkat provinsi lebih ke monitoring dan pengawasan. Jadi SOP protokol kesehatan tetap dilaksanakan pada rumah ibadah yang diperkenankan menjalankan kegiatan keagamaannya secara kolektif,” ujar Andi.(*)

Reporter: Agung Riyanto
Editor: Nurul Lamunsari

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah