Headline

Kado Hari Jadi, Bulungan Zona Kuning

Bulungan tetap taat prokes, dan saat ini berada di zona kuning. (Foto : Nurjannah)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Berdasarkan rilis perkembangan Covid-19 Provinsi Kaltara, Bulungan saat ini sudah berada di zona kuning. Dengan kata lain, penurunan kasus di Bumi Tenguyun ini semakin landai. Tentu saja penetapan zona kuning ini menjadi kabar yang menggembirakan, bahkan bisa menjadi kado. Sebab  penurunan zona risiko dari oranye menjadi kuning, tepat pada peringatan hari jadi Bulungan dan Tanjung Selor.

“Alhamdulillah, mudah-mudahan kita doakan dan tetap berikhtiar, bukan menargetkan kuning atau hijau. Tapi yang ingin kita pastikan keselamatan dan kesehatan masyarakat Bulungan,” ujar Bupati Bulungan Syarwani, kepada sejumlah media usai upacara peringatan hari jadi, Selasa (12/10/2021).

Ia menegaskan, meski status zona telah turun, namun dalam situasi pandemi Covid-19 ini pihak pemerintah daerah, TNI, Polri kemudian petugas kesehatan tingkat daerah hingga tingkat desa, tetap melakukan pengawasan. Termasuk juga memberikan edukasi agar masyarakat tetap disiplin terhadap protokol kesehatan.

“Tentu saja ini bukan hanya sekadar kita sudah di zona kuning, kemudian membuat kita longgar dalam disiplin prokes. Tapi apapun statusnya, tetap selalu patuh dan taat, walaupun itu zona hijau atau aman nantinya. Yang namanya prokes, harus menjadi budaya kita sehari-hari,” imbaunya.

Ia optimis jika disiplin prokes bisa menjadi ketaatan bersama, dan menjadi kebiasaan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, maka tak menutup kemungkinan Bulungan bisa segera zero kasus Covid-19.  “Kalau ini menjadi ketaatan kita bersama, khususnya untuk prokes, saya yakin Covid-19 bisa hilang segera,” tandasnya.

Terpisah, Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Daerah (BPBD) Bulungan, Darmawansyah mengatakan, hingga saat ini pihaknya tetap memberikan sosialisasi sebagai langkah edukasi bagi masyarakat, agar prokes tetap ditaati. Namun demikian terkait penetapan zona kuning tersebut, pihaknya belum menerima informasi resmi.

“Kita ingat, sebelumnya rilis provinsi kita ada di zona oranye, tahu-tahunya kita masih di level 4. Tapi jika benar demikian, alhamdulillah. Mudah-mudahan itu benar terjadi di kita. Kami tetap menunggu rilis dari pusat. Memang kalau dari jumlah kasus, Bulungan ini sudah jauh melandai,” sebutnya.

Sejauh ini, pihaknya tetap melakukan upaya pencegahan, termasuk di antaranya memantau sejumlah pasien yang melakukan Isoman. Setidaknya ada 97 orang yang masih Isoman.

“Besok (hari ini) akan kami datangi kembali masing-masing, khususnya di Tanjung  Selor. Secara umum ini kasusnya turun. Kami juga tetap lakukan komunikasi dengan para camat dan kepala desa. Ya kalau lihat angka kasus, wajar saja kalau kita dapat kuning,” pungkasnya. (*)

Reporter: Nurjannah
Editor: Nurul Lamunsari

About the author

Koran Kaltara

Add Comment

Click here to post a comment