Politik

Kader DP3 Corong Menyongsong Pemilu Serentak 2024

Ketua KPU Bulungan Lili Suryani memberikan arahan. (Foto: Rizqy)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Meski belum memasuki tahapan jelang Pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai melakukan persiapan.

Salah satunya oleh KPU Kabupaten Bulungan, merekrut puluhan kader Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) di beberapa desa.

Ketua KPU Bulungan Lili Suryani saat membuka  Bimtek DP3 di Desa Sajau Hilir, Tanjung Palas Timur, Bulungan, menegaskan, meski tak ada tahapan, KPU tetap memiliki program dan kegiatan.

“Program ini bagian dari program yang coba kita garap bersama. Yang kita rekrut adalah kader yang sanggup menjadi relawan. Setidaknya ini adalah dasar nantinya ketika ada pemilu dan pemilihan, kami sudah punya gambaran orang yang berintegritas untuk jadi penyelenggara. Saya berharap tetap menjaga integritas,” katanya, Selasa (23/11/2021).

Diketahui, dalam pelaksanaan pesta demokrasi, KPU juga merekrut penyelenggara adhoc di tingkat kecamatan, desa hingga di tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Melalui kader DP3 tersebut, ke depan sudah ada gambaran adhoc yang berintegritas membantu pemilu dan pemilihan kepala daerah (Pilkada).

“Ke depan (kader DP3) juga ikut bantu KPU menyampaikan ke masyarakat pentingnya kegiatan pemilu,” sebutnya.

Dia mengungkapkan, kader DP3 yang mengikuti bimtek dari dua desa, yakni Sajau Hilir dan Binai.

Kemudian nanti dilanjutkan, di Desa Mangkupadi yang juga diikuti dua desa yakni Mangkupadi dan Tanah Kuning.

“Kader DP3 corong terdepan informasi menyongsong pemilu dan pilkada 2024. Proses kegiatan DP3 ini, murni kerja sama antara desa dan KPU,” ujarnya.

Setidaknya ada sebanyak lima desa yang sudah menjalin kerja sama dengan KPU Bulungan terkait pembentukan kader DP3. Selain itu akan ada tiga desa lainnya yang disebutkan juga akan membentuk kader DP3 tersebut. (*)

Reporter: Fathu Rizqil Mufid
Editor: Eddy Nugroho

About the author

Koran Kaltara

Add Comment

Click here to post a comment