Tarakan

Jumlah Penumpang Meningkat, Armada Speedboat Ditambah

Pelabuhan Tengkayu 1 SDF Tarakan. (Foto: Ariyanto)

TARAKAN, Koran Kaltara – Penumpang speedboat melalui pelabuhan Tengkayu 1 SDF Tarakan mengalami peningkatan. Lonjakan terjadi karena hari ini, Minggu (2/8/2020) merupakan hari terakhir libur hari raya Iduladha 1441 Hijriyah serta diberlakukannya new normal.

Kepala Bidang Perhubungan Laut dan ASDP Dishub Kaltara, Datu Iman menjelaskan, lonjakan penumpang, khususnya di pelabuhan sudah diantisipasi oleh Dishub Kaltara sebagai pengelola pelabuhan SDF.

“Kalau ada penumpukan kita sudah antisipasi dengan penambahan armada. Salah satunya rute Tarakan-Tanjung Selor pulang pergi, yakni satu trip speedboat reguler,” jelasnya.

Datu Iman juga mengatakan, untuk kegiatan screening tetap ada, namun hanya khusus bagi penumpang dengan pelayaran di atas 2 jam, seperti Tarakan-Nunukan, Tarakan-Malinau dan Tarakan- Tana Tidung.

“Protokol kesehatan tetap kita jalankan di pelabuhan, yakni memakai masker, pengecekan suhu dan jaga jarak,” bebernya.

Ia mengatakan, penumpukan di pelabuhan terjadi karena memang hari ini terakhir libur dan besok (Senin) sudah masuk kerja. Masyarakat sudah kembali beraktivitas.

“Hari ini terjadi peningkatan dengan bertambahnya satu trip speddboat. Kemungkinan terjadi peningkatan (penumpang) 20 persen. Kalau data pastinya kita belum dapatkan karena masih berjalan, kemungkinan habis tutup pelayanan saya baru mendapatkan laporan,” tuturnya.

Koordinasi masih tetap dilakukan dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) serta Tim Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Tarakan, khususnya berkaitan dengan protokol kesehatan.

Untuk pembatasan penumpang speedboat masih tetap diberlakukan sesuai dengan SE Nomor 11 yang dikeluarkan Kementerian Perhubungan. Penumpang diwajibkan untuk melakukan social distancing dan physical distancing, seperti pada saat naik pesawat. (*)

Reporter: Ariyanto
Editor: Didik

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah