Tarakan

Jumat, Kemenag Laksanakan Rukyatul Hilal 1 Syawal

HM. Shaberah Zailani

TARAKAN, Koran Kaltara – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tarakan akan melaksanakan rukyatul hilal untuk menentukan 1 Syawal atau hari raya Idulfitri 1441 Hijriyah.

Kepala Kemenag Kota Tarakan Shaberah mengatakan, rukyatul hilal akan dilaksanakan pada hari Jum’at 22 Mei 2020, sesuai dengan instruksi dari Kemenag pusat di seluruh Indonesia.

“Kalau seandainya hilal sudah terlihat pada Jum’at, mungkin Lebaran (1 Syawal) hari Sabtu,” katanya, Kamis (21/5/2020).

Shaberah menuturkan jika tidak terlihat hilal pada hari Jum’at maka sesuai dengan kaidah Agama akan dibulatkan puasa menjadi 30 hari, sehingga kemungkinan Idulfitri di hari Minggu 24 Mei 2020.

“Kementerian Agama mengimbau kepada masyarakat khususnya umat muslim, untuk kepastian 1 Syawal, mari kita menunggu sidang isbat yang dilaksanakan pemerintah pusat,” imbaunya.

Shaberah menambahkan, berkaitan dengan perayaan Idulfitri 1441 Hijriyah, Kemenag sudah membuat surat edaran jauh hari, yakni SE Nomor 6 Tahun 2020 tanggal 6 April, bahwa shalat Idulfitri yang biasanya dilakukan di masjid dan di lapangan sementara ditiadakan.

“Melihat kondisi di Tarakan saat ini di tengah pandemi Covid-19, tidak memungkinkan kita berkerumun, salah satunya melaksanakan shalat berjamaah,” imbuhnya.

Sementara untuk halal bihalal yang biasa dilakukan dengan saling berkunjung, diimbau sementara bisa dilakukan melalui media sosial, video call, video teleconference dan lainnya. (*)

Reporter: Ariyanto
Editor: Didik

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah