Bulungan

Juli, Jalan Tembus Jembatan Meranti Mulai Dibangun 

AKAN DIBONGKAR - Jembatan Jelarai bakal dibongkar, dan jembatan meranti akan difungsikan sebagai akses alternatif. (Foto : Nurjannah/Koran Kaltara)
  • Tahap Selanjutnya Jembatan Jelarai Dibongkar

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Rencana pembangunan jalan penghubung jembatan Meranti dan Buluh Perindu, sebagai akses terdekat Tanjung Selor menuju Tanjung Palas atau sebaliknya, kembali digulirkan. Sempat dikhawatirkan batal akibat adanya pandemi Covid-19, pembangunan jalan dipastikan bakal kembali dilalanjutkan dalam waktu dekat. Pemerintah pun menargetkan jalan tembus tersebut bisa terealiasi tahun ini.

Bupati Bulungan Sudjati mengatakan, pengerjaan jalan tersebut akan dilakukan Satuan Kerja (Satker) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR). Selebihnya, pihak Pemkab Bulungan hanya memfasilitasi saja.

“Kita hanya memfasilitasi, untuk pengerjaan sesuai informasi dari Satker akan dimulai Juli nanti. Sementara untuk lahan sudah tidak ada masalah, itu sudah clear,” ujarnya, Senin (29/6/2020). Pengerjaan jalan dilakukan sepanjang 129 meter dengan lebar 12 meter. Itu untuk jalan yang berada di ujung jembatan.

Bupati mengatakan, sesuai informasi dari Satker juga, jika jalan di Bulu Perindu sudah selesai, tahap selanjutnya Satker akan melakukan pembongkaran Jembatan Jelarai. Sehingga jalan ini nantinya akan menjadi alternatif untuk menuju Tanjung Selor.

“Jembatan Jelarai tidak bisa dikerjakan kalau jalan di Jembatan Meranti belum selesai. Jadi, jalan di Jembatan Meranti yang dikerjakan terlebih dahulu. Sebab, Jembatan Meranti ini akan menjadi akses alternatif masyarakat selama proses pengerjaan Jembatan Jelarai. Nantinya jembatan Jelarai itu akan ditutup sementara selama pengerjaan,” jelasnya.

Seperti diketahui, berdasarkan hasil penilaian Satker  Kemen-PUPR Jembatan Jelarai ditemukan ada bagian pondasi yang bergeser. Sehingga perlu dilakukan perbaikan. Secara teknis, bupati tidak bisa berkomentar lebih jauh, karena untuk teknis pengerjaan hingga anggaran ada di Kemen-PUPR. “Rencananya, Jembatan Jelarai ini akan dibongkar total, dan intinya tahun ini akan ada pengerjaan,” sebutnya

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (DPU-PR) Bulungan Fakhrudin mengatakan, secara pasti tidak mengetahui terkait pengerjaan jalan Jembatan Meranti maupun pengerjaan Jembatan Jelarai. “Saya belum tahu soal itu, karena yang mengerjakan langsung Satker Kemen-PUPR,” ujarnya.

Berdasarkan penilaian dari Satker Kemen-PUPR Jembatan Jelarai memang sudah harus dilakukan perbaikan karena ada bagian pondasi yang terturun. Melalui anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) akan dilakukan perawatan.

Dirinya menambahkan, Jembatan Jelarai ini memang sudah lama tidak dilakukan perawatan. Terakhir perawatan dilakukan saat kepemimpinan mantan Bupati Bulungan Drs. H. Budiman Arifin, M.Si priode 2005-2010 dan 2010-2015  silam. (*)

Reporter: Nurjannah
Editor: Eddy Nugroho

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah