Malinau

Jembatan Gantung Malinau Dibangun Tahun 2021

Jembatan gantung di Malinau. (Foto: DOK/Koran Kaltara)

MALINAU, Koran Kaltara – Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang Perumahan dan Permukiman (DPUPR Perkim) Malinau memastikan pelaksanaan pembangunan jembatan gantung di beberapa titik tersebut akan direalisasikan tahun 2021.

“Iya, berdasarkan informasi dari balai pembangunan, jembatan gantung dilaksanakan tahun 2021,” ujar Kepala DPUPR Perkim Malinau, Dr. Tomi Labo kepada Koran Kaltara, Senin (1/6/2020).

Sebelumnya, kata dia, tim dari Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XII Balikpapan telah melakukan peninjauan langsung di beberapa titik, yakni Kecamatan Malinau Selatan Hilir, Kecamatan Pujungan dan Kecamatan Kayan Selatan. “Kami sudah mendampingi dalam survei bersama-sama dengan BPJN,” katanya.

Dari hasil tinjauan di lapangan, kata Tomi, BPJN sudah menentukan lokasi dan titik koordinat untuk mendirikan jembatan gantung yang menghubungkan antar desa tersebut.

Namun, kata dia, untuk teknis perencanaan pembangunan lima jembatan gantung tersebut hanya ada di BPJN.

“Kalau untuk draft keseluruhan rencana pembangunannya, kita belum tahu pasti. Mungkin setelah verifikasi di akhir tahun ini baru bisa terlihat nilai kegiatan dan perencanaannya,” jelasnya.

Sebab, lanjut dia, pembangunan jembatan gantung ini merupakan wewenang BPJN. “Kalau kita di daerah hanya memfasilitasi dan mendampingi saja, dimana-mana lokasi yang sudah ditentukan,” tutur dia.

Tomi berharap pelaksanaan pembangunan jembatan gantung itu terealisasi tahun 2021. Sebab, jembatan tersebut sangat dibutuhkan masyarakat desa, terutama akses antar desa.

“Seperti di Desa Punan Setarap dan Seterap, mereka ada yang bersekolah dan berurusan dengan pihak kecamatan maupun Puskesmas,” ungkapnya. (*)

Reporter: Sollaimansyah
Editor: Didik

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah