Politik

Jelang Muswil, Sejumlah Kader Senior PAN Mundur

Ibrahim Ali

TARAKAN, Koran Kaltara – Menjelang pelaksanaan Musyawarah Wilayah (Muswil) Partai Amanat Nasional (PAN) Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Kalimantan Utara, sejumlah kader senior justru meninggalkan partai berlambang matahari ini.

Bahkan, pengurus inti yang sebelumnya menjabat sebagai ketua, sekretaris, dan bendahara memutuskan untuk tidak lagi berpolitik di PAN.

Berdasarkan Surat Keputusan Nomor : PAN/AKpts/KU-SJ/203/VII/2020 Tentang Pemberhentian Tetap Ketua, Sekretaris dan Bendahara DPW PAN Kaltara, yang merupakan balasan dari surat pengunduran diri di atas materai tertanggal 27 Juli 2020 atas nama Asnawi Arbain, Sabar Santuso, dan Salman Aradeng menyatakan pengunduran diri sebagai kader PAN atas permintaan sendiri. Maka ketiganya dinyatakan tidak lagi sebagai kader PAN.

Saat dikonfirmasi mengenai hal ini, Sabar Santuso yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris PAN DPW Kaltara mengaku bahwa dirinya telah mengundurkan diri. Namun dia tidak mau menjabarkan alasan kenapa harus meninggalkan karir politiknya di PAN.

“Iya betul, tidak usahlah ditanya soal itu, aman saja, pokoknya mundur, titik. Alasan pribadi, tidak ada kaitannya dengan pilkada maupun mukernas. Saya mau istirahat saja dulu. Belum ada rencana gabung dengan partai lain,” terangnya, saat dihubungi Koran Kaltara melalui telepon, Kamis (6/8/2020).

Sementara itu, pelaksana tugas Sekretaris DPW PAN Kaltara, Ibrahim Ali membenarkan adanya beberapa kader yang mengundurkan diri tersebut. Dalam waktu dekat akan dilaksanakan Musyawarah Wilayah (Muswil) karena masa jabatan pengurus lama juga telah berakhir per 13 Juli 2020.

“Pada saat melakukan muswil kebetulan mereka mengundurkan diri, jadi tidak perlu didramatisir. Karena ketua lama mengundurkan diri sehingga di Plt-kan, supaya proses muswil berjalan dengan lancar dan tidak melanggar aturan,” ungkapnya.

PAN Kaltara tetap menghormati kader yang telah mundur, karena selama ini ikut membesarkan PAN.

Dan siapa pun nanti yang akan terpilih sebagai Ketua DPW PAN Kaltara akan sowan kepada kader senior yang telah mundur, sekaligus menawarkan apakah masih berkenan membesarkan PAN dengan menjadi dewan penasehat DPW.

“Saya kira saudaraku yang keluar, ke depan pasti tetap punya jiwa matahari putih,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sofyan Ali Mustafa
Editor: Rifat Munisa

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah