Nunukan Pendidikan

Jaringan Internet Terbatas, Guru Datangi Rumah Siswanya

Guru SD di Seimenggaris antar jemput tugas ke rumah siswanya. (Foto: Istimewa)

NUNUKAN, Koran Kaltara – Karena keterbatasan jaringan internet di wilayah Kecamatan Seimenggaris, salah satu daerah yang berbatasan langsung dengan Malaysia, SDN 003 Seimenggaris memberlakukan proses belajar dari rumah (BDR) dengan sistem offline.

Sebagian besar tenaga pengajar atau guru di wilayah tersebut turun langsung mengantarkan materi dan tugas sekolah. Begitu juga saat mengambil tugas yang telah dikerjakan oleh siswa.

Dari sepuluh guru di SDN 003 Seimenggaris, ada tujuh guru yang setiap hari Minggu mendatangi rumah siswa.

Kepala SDN 003 Seimenggaris, Sriady Faisal mengatakan, jumlah siswa SDN 003 Seimenggaris sebanyak 180 orang, dari kelas I sampai kelas VI. Dari 180 siswa itu, 140 siswa melaksanakan proses belajar dari rumah dengan cara offline. Sementara sisanya online.

Tugas yang diambil oleh guru di hari Minggu, akan disetor di hari Senin, lalu lanjut ke materi dan penugasan lain.

Untuk tiga guru tetap mengunjungi rumah siswa, namun tidak keseluruhan karena proses pembelajarannya divariasikan online dan offline. Pola seperti ini akan terus dilakukan sampai pemerintah memperbolehkan kegiatan belajar di sekolah.

“Jarak rumah siswa ke sekolah itu, paling jauh sekitar 7 kilometer. Dengan menggunakan sepeda motor, setiap hari Minggu, tujuh guru tersebut akan antar jemput tugas,” ujarnya, Selasa (14/7/2020).

Ia mengatakan, sebelum tahun pelajaran dimulai, pihak sekolah mengirimkan surat kepada masing-masing orangtua siswa. Sehingga, belajar dari rumah sejak hari Senin (13/7/2020) kemarin berjalan dengan lancar.

“Hanya sebagian kecil yang online, itu pun jika orang tuanya tidak gaptek, ada WhatsApp (WA). Yang tidak ada, gurunya janjian ketemu minimal sekali seminggu untuk membagikan materi offline,” ujar Sriady.

Sriady menjelaskan, semua guru rutin melaksanakan minimal sekali seminggu dan laporannya disampaikan ke kepala sekolah setiap hari Jumat. Ada wali kelas yang memvariasikan antara online dan offline, namun ada juga yang offline 100 persen. (*)

BACA JUGA: Jaringan Terbatas, Proses Belajar Diusulkan Tatap Muka

Reporter: Sabri
Editor: Didik

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah