Hukum Kriminal

Januari – Juli,  3 kg Sabu Diamankan di Bulungan

NARKOBA: Salah satu tersangka kasus narkoba jenis sabu yang diamankan pihak kepolisian. (Foto : Ramlan/Koran Kaltara)

TANJUNG SELOR,Koran Kaltara – Peredaran narkoba di Kabupaten Bulungan memang dapat dikatakan cukup parah. Dari data yang dimiliki jajaran Sat Reskoba Polres Bulungan, sejak Januari hingga Juli 2020, sebanyak 2.887,379 gram atau hampir mencapai 3 kilogram berhasil diamankan.

Kapolres Bulungan AKBP Teguh Triwantoro melalui PS Kasubbag Humas Aiptu Tutut Murdayanto mengatakan, dari hasil pengungkapan sabu hampir 3 Kg itu, 41 orang sudah diamankan dan ditetapkan sebagai tersangka. Penetapan tersangka itu, telah melalui proses penyidikan yang dilakukan kepolisian.

“Dari (jumlah) tersangka itu, ada yang sudah berstatus narapidana. Tapi ada juga yang masih menjalani proses persidangan di Pengadilan Negeri Tanjung Selor,” kata Tutut kepada Koran Kaltara, Rabu (29/7/2020).

Dari para tersangka yang diamankan, hampir rata-rata merupakan kurir dengan tujuan pengiriman ke Bulungan. Namun beberapa di antara barang bukti yang diamankan juga bakal di pasarkan ke beberapa daerah di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Lanjut dia, Kabupaten Bulungan sendiri memang menjadi salah satu pilihan yang dijadikan sebagai jalur untuk menyeludupkan barang haram itu menuju Kaltim.  Sedangkan barang bukti berupa sabu berasal dari Tarakan dan juga dari Tawau, Malaysia.

“Paling banyak yang diamankan itu memang kurir. Ada juga bandarnya. Ada yang diamankan karena mau (pasarkan narkoba) ke Kaltim, ada juga karena mau pasarkan disini (Bulungan). Kalau untuk khusus disini, (peredaran narkoba) wilayah Tanjung Selor memang yang jadi perhatian kita,” jelasnya.

Lebih jauh ditegaskan Tutut, Polres Bulungan berkomitmen memberantas peredaran narkoba. Bahkan, sesuai dengan instruksi Kapolres Bulungan AKBP Teguh Triwantoro, pihaknya tak segan menindak anggotanya yang terbukti terlibat dengan peredaran barang haram tersebut.

“Pak Kapolres memang sudah menegaskan, siapa (anggota) yang terlibat maka langsung dipecat. Itu memang suda komitmen awal. Selain masyarakat awam, anggota yang terlibat maka harus dihukum sesuai dengan aturan yang ada,” pungkasnya. (*)

Reporter: Ramlan
Editor: Hariadi

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah