Tarakan

Jamur Enoki Masuk Kaltara Melalui Surabaya dan Jakarta

Akhmad Alfaraby

TARAKAN, Koran Kaltara – Jamur Enoki asal Korea Selatan dilarang masuk dan beredar di Indonesia, setelah diketahui tercemar bakteri Listeria Monocytogenes yang dapat menyebabakan penyakit listeriosis.

Jamur Enoki juga beredar di wilayah provinsi Kalimantan Utara (Kaltara). Meski jumlahnya tidak besar, namun jamur tersebut biasa dipesan oleh pedagang.

Kepala Balai Karantina Pertanian Tarakan, Akhmad Alfaraby mengungkapkan, jamur Enoki kalau di Kaltara ini ada. Namun impor bukan langsung dari Korea Selatan tetapi melalui Surabaya dan Jakarta.

“Jadi sudah masuk ke Surabaya baru masuk ke kita (Tarakan). Untuk pengawasan di Karantina Tarakan tetap selalu kita awasi. Sertifikat dari sana (Surabaya) selalu ada,” ungkapnya.

Akhmad mengatakan, terkait dengan jumlah yang masuk dari Surabaya tidak terlalu besar, biasanya gabung atau bersamaan dengan barang lainya yang dipesan oleh pengusaha.

“Misal pemilik A memasukkan barang, ada item-itemnya di situ, termasuk jamur itu (Enoki) dan lainnya. Yang pasti tidak ada langsung dari Korsel ke Tarakan atau Kaltara, biasanya selain jamur ada yang lain,” katanya.

Selama seminggu terakhir ini belum ada ditemukan jamur Enoki yang masuk ke Kaltara. Untuk waktunya tidak tentu lalu lintasnya, tergantung importir dari Surabaya dan Tanjung Priok Jakarta. Pengawasan kemungkinan sudah dilakukan dan diantisipasi sebelum sampai ke Kaltara.

“Terakhir (waktu) dekat ini tidak ada masuk. Beberapa minggu sebelumnya mungkin ada. Kita tinggal menunggu dari sana, kalau dari Malaysia tidak ada,” ujarnya.

Akhmad kembali menegaskan, jika ada jamur Enoki yang masuk, sebelumnya ada masuk dan mengantongi sertifikat kesehatan dari daerah asal berarti persyaratan karantina sudah dipenuhi.

Sebagai antisipasi kembali masuk ke Kaltara melalui Tarakan, Balai Karantina Pertanian akan melakukan pengawasan. Kemudian jika ada pengawasan di lapangan oleh dinas terkait, pihaknya juga siap jika dilibatkan. (*)

BACA JUGA: Jamur Enoki Korsel Banyak di Tanjung Selor

Reporter: Ariyanto
Editor: Didik

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah