Hiburan

Jabatan Pj Sekprov Diperpanjang

DILANTIK - Pj Sekprov dan sejumlah pejabat dilantik langsung oleh Gubernur Kaltara, Senin (1/10). Foto : RIZQY/KORAN KALTARA
Irianto Juga Lantik Pejabat Tinggi Pratama TANJUNG SELOR - Gubernur Kaltara Irianto Lambrie melantik penjabat (Pj) sekretaris daerah, Syaiful Herman bersama pejabat pimpinan tinggi pratama dan pejabat administrator di lingkup Pemprov Kaltara, di Gedung Gabungan Dinas (Gadis), Senin (1/10). Pelantikan Syaiful Herman adalah untuk kesekian kalinya karena masa jabatannya diperpanjang. Perpanjangan jabatan tersebut disebabkan belum…
  • Irianto Juga Lantik Pejabat Tinggi Pratama

TANJUNG SELOR – Gubernur Kaltara Irianto Lambrie melantik penjabat (Pj) sekretaris daerah, Syaiful Herman bersama pejabat pimpinan tinggi pratama dan pejabat administrator di lingkup Pemprov Kaltara, di Gedung Gabungan Dinas (Gadis), Senin (1/10). Pelantikan Syaiful Herman adalah untuk kesekian kalinya karena masa jabatannya diperpanjang.

Perpanjangan jabatan tersebut disebabkan belum adanya sekprov definitif. Dikatakan Irianto, pelantikan ini sebagai syarat mutlak yang diatur dalam perundang-undangan. Untuk Surat Keputusan (SK) usulan adanya sekprov sudah diajukan ke pemerintah pusat, dan sedang berproses. “Kesibukan presiden sehingga tertunda usulan Sekprov Kaltara. Termasuk Sekda Kaltim pun alami hal serupa,” terang Irianto.

Terkait persoalan ini, gubernur telah bertemu Mendagri untuk membahasnya. Diperkirakan tiga bulan ke depan, jabatan Sekprov Kaltara bisa selesai dan terpilih yang definitif. Sekprov, kata dia, memiliki tugas birokrasi dalam menangani aparatur sipil negara (ASN), menegakkan peraturan perundang-undangan.

Diutarakan Irianto, Pemprov Kaltara patut berbangga, karena tidak pernah mendapatkan teguran ketika melakukan proses mutasi jabatan dari institusi berwenang di pemerintah pusat. Pasalnya, proses mutasi yang dilakukan telah sesuai aturan yang berlaku. “Itu karena kita memang susuai dengan prosedur,” sebutnya.

Proses ketentuan memilih Sekprov telah tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 3 Tahun 2018. Penjabat Sekprov yang dilantik ini untuk menjalankan tugas pejabat yang berhalangan, dikarenakan memang terjadi kekosongan jabatan di posisi tersebut.

Menurutnya, kekosongan jabatan bisa diisi apabila ada yang pensiun, mengundurkan diri, meninggal dunia, diberhentikan secara terhormat atau tidak, dan mutasi jabatan. “Pelantikan terhadap Pj ini sudah ketiga kalinya, sambil menunggu proses SK presiden tentang pengangkatan Sekda Kaltara,” ungkapnya.

Adapun untuk mendapatkan Sekprov Kaltara dilakukan seleksi terbuka. Selain melantik Pj Sekprov Kaltara, gubernur pun melantik pejabat tinggi pratama untuk mengisi kekosongan jabatan dan pejabat administrator. Adalah Datu Iqro Ramadhan menjabat Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan (Bappeda dan Litbang) Kaltara, Datu Iman Suramenggala untuk jabatan Kepala Bidang Perhubungan Laut, Sungai, Danau dan Penyeberangan Dinas Perhubungan Kaltara. Terakhir atas nama Sunardi dengan jabatan Kepala Biro Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Kaltara.

Dijelaskan Gubernur, proses pemilihan pejabat tinggi pratama melalui ketentuan, meskipun tidak dilakukan proses seleksi secara terbuka. “Tetap kita minta persetujuan Komisi ASN untuk lakukan konsultasi, termasuk ke Kemenpan-RB dan BKN. Apabila disetujui, baru dilantik,” urainya.

Sementara itu, proses mutasi yang dilaksanakan, lanjutnya, banyak hikmah yang dipetik. Bahkan pengetahuan dan pengalaman bertambah. Pejabat yang baru dilantik bisa segera lakukan konsolidasi, terutama Kepala Bappeda dan Litbang Kaltara. Karena tugas utamanya, pembahasan anggaran yang dinamis, perlu disusun dengan cermat dan berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah yang lain. (*)

Reporter: Fathu Rizqil Mufid

Editor: Nurul Mujib L

About the author

Avatar

Koran Kaltara

Add Comment

Click here to post a comment