Headline

Iraw Sudah Kantongi SK dari Empat Partai

Bakal Calon Gubernur Kaltara Irianto Lambrie saat menerima SK dari Perindo, Jumat (3/7/2020). (Foto: Istimewa)
  • Syarat Parlemen 7 Kursi Terpenuhi, Penyerahan SK Partai Lain Terjadwalkan

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur pada Pemilihan Serentak Tahun 2020, Irianto Lambrie-Irwan Sabri (Iraw), kian memantapkan langkahnya dalam mendapatkan kendaraan politik. Maju melalui jalur partai politik, bakal calon petahana ini telah mengantongi Surat Keputusan (SK) dari empat partai berbeda.

Sebelumnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Bulan Bintang (PBB) lebih dulu memberikan mandat kepada Iraw. Kemudian, pada Jumat (3/7/2020), dua partai lainnya juga memberikan dukungannya secara resmi, yakni Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem). Bahkan SK dari kedua partai itu diterima langsung oleh bakal calon gubernur, Irianto Lambrie di Jakarta.

Melalui juru bicaranya, Ricky Valentino mengatakan, bahwa dengan diterimanya SK dari empat partai tersebut, syarat parlemen sudah terpenuhi. Yakni total 7 kursi, masing-masing PKS (3 kursi), PBB (1 kursi), Perindo (1 kursi) dan Nasdem (2 kursi).

“Dengan demikian syarat 7 kursi sudah terpenuhi. Dan sejak awal memang 10 kursi sudah mendukung, hanya tinggal menunggu proses administrasi (penyerahan SK) saja. Dan empat partai sudah kita dapatkan SK-nya,” kata Ricky Valentino kepada Koran Kaltara, Jumat (3/7/2020).

Selain empat partai itu, dua partai lainnya juga sebelumnya disebut mendukung pasangan Irianto-Irwan, yakni Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan 1 kursi dan Partai Amanat Nasional (PAN) dengan 2 kursi. Sehingga total kursi yang mendukung pasangan ini sebanyak 10 kursi.

“Rencananya besok (hari ini) atau lusa (besok) PPP juga akan menyerahkan SK. Jadi kita tunggu satu-dua hari ini untuk memastikan SK dari 10 kursi itu,” ungkapnya.

Lebih jauh dijelaskan, selain 10 kursi itu, Iraw juga masih bergerilya mendapatkan tambahan dukungan dari partai lainnya. Bahkan partai besar seperti Golkar dan Demokrat yang masing-masing memiliki 4 kursi di DPRD Kaltara, tidak luput dari incarannya, termsuk PKB (2 kursi).

“Jadi memang syarat parlemen sudah kelar. Tapi yang namanya komunikasi politik, sementara kita tetap melobi untuk menambahkan beberapa partai lagi,” ujarnya.

Sementara itu, disinggung soal sejumlah nama lain yang mencuat bakal menjadi pesaing Iraw, ditanggapi santai oleh Ricky. Menurutnya, ada banyak nama yang digadang-gadang bakal mencalonkan, tidak terkecuali beberapa kader partai, namun belum ada kepastian pasangan. “Kami belum mengetahui siapa yang jadi lawan kami. Karena baru kami yang siap dengan wakil (berpasangan) lengkap dengan struktur yang ada,” jawabnya. (*)

Reporter: Fathu Rizqil Mufid

Editor: Nurul Lamunsari

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah