Headline

Investasi Bentuk 30 Persen Perekonomian Kaltara

Lokasi PLBN - Tampak lokasi proyek PLBN di Sebatik yang bersumber dari APBN. (Foto : Istimewa)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Komponen Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) atau dana investasi, berkontribusi sebesar 32,02 persen terhadap total perekonomian kabupaten dan kota di Provinsi Kalimantan Utara. Demikian disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kaltara, Eko Marsoro, Senin (29/6/2020).

Dijelaskan Eko, PMTB atau investasi merupakan komponen dengan kontribusi terbesar kedua dalam menyumbang angka PDRB Kabupaten dan Kota di Kaltara. Dari pendataan pihaknya, diketahui jika Kabupaten Bulungan memberi kontribusi terbesar nilai investasi di Kaltara.

“Bulungan memberi andil PMTB sebesar 32,62 persen. Diikuti Kota Tarakan sebesar 27,57 persen dan Kabupaten Nunukan sebesar 20,55 persen. Jadi dapat disimpulkan bahwa dana yang masuk ke tiga daerah ini paling besar di Kaltara,” ujar Eko.

Jika diamati perkembangan komponen PMTB pada tahun 2019, secara umum menunjukkan peningkatan dari tahun sebelumnya. Kondisi ini, dipengaruhi oleh meningkatnya indikator kondisi perekonomian daerah. Sehingga memicu kenaikan investasi. Baik Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dari dana swasta ataupun Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) hingga Penanaman Modal Asing (PMA).

Beralih ke tren laju pertumbuhan komponen PMTB, dikatakan Eko bahwa yang paling rendah berada di Kabupaten Nunukan yang hanya tumbuh sebesar 2,47 persen di tahun 2019. Selanjutnya daerah  dengan pertumbuhan di bawah lima persen  adalah Kota Tarakan sebesar 3,67 persen dan Kabupaten Tana Tidung sebesar 3,43 persen.

“Bulungan adalah Kabupaten di Provinsi Kalimantan Utara yang memiliki laju pertumbuhan terbesar pada komponen PMTB sebesar 5,84 persen. Sebagai ibukota dari Provinsi yang baru terbentuk, sewajarnya pembangunan atau pengembangan pada wilayah tersebut masih terus dipacu. Khususnya untuk pembangunan infrastruktur umum seperti gedung perkantoran, jalan dan lainnya,” pungkasnya. (*)

Reporter: Agung Riyanto
Editor: Nurul Lamunsari

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah