Nunukan

Indonesia-Malaysia Gelar Patroli Patok Perbatasan

NUNUKAN, Koran Kaltara– Sinegritas antara Polri maupun Polisi Diraja Malaysia (PDRM) patut diacungi jempol. Pasalnya, dua pasukan dari dua negara ini melakukan patroli bersama di perbatasan Kecamatan Sebatik, Sabtu (12/1/2019).

Kasubag Humas Polres Nunukan, Iptu M Karyadi mengatakan, patroli ini merupakan program dari Kapolres Nunukan, AKBP Teguh Triwantoro yang diberi nama Polisi Penjaga Perbatasan (Pos Jabat).

Sebelum melakukan patroli bersama, kata dia, sekira pukul 09.00 Wita, personel Polsek Sebatik Barat melaksanakan apel di halaman Polsek Sebatik Barat. Selanjutnya personel Polsek Sebatik Barat persiapan menuju Desa Sei Limau Kecamatan Sebatik Tengah.

Karyadi mengatakan, Rendezvous atau pertemuan dengan PDRM (Balai Polis Bergosong) dengan titik temu antara Patok 7 dan Patok 8. Dalam Rendezvous itu, dua pasukan akan bersama-sama mencegah perlintasan ilegal, peredaran narkotika dan TKI ilegal.

“Kita juga senantiasa menjalin silaturahmi dan sharing informasi terkait dengan potensi kerawanan gangguan Kamtibmas antar kedua negara. Memang, kegiatan patroli bersama akan dilakukan secara rutin dan waktunya akan menyesuaikan waktu kedua belah pihak (Polri-PDRM),” bebernya kepada Koran Kaltara, Sabtu (12/1/2019).

Ditegaskannya pembahasan mengenai perlintasan ilegal dan narkoba memang sangat perlu ditekankan. Sebab, kasus yang terjadi di perbatasan kebanyakan kasus penyelundupan narkoba dari Tawau Malaysia. Begitu juga perlintasan TKI ilegal.

Dua pasukan ini juga menyusuri garis batas dengan cara berjalan kaki dan naik kendaraan (R2 dan R4). Bahkan, kedua pasukan ini patroli di Patok 4 Kampung Rambutan RT. 07 Desa Aji Kuning Kec. Sebatik Tengah.

Menurutnya, dengan dilaksanakan kegiatan sambang daerah perbatasan diharapkan tertanam jiwa nasionalisme personel Polri, khususnya Polsek Sebatik Barat demi menjaga dan memelihara Kamtibmas di perbatasan NKRI.

“Dengan dilaksanakannya patroli bersama antara Polri dan PDRM dapat terjalin komunikasi serta akan membawa dampak positif,” tutupnya. (*)

Reporter: Asrin
Editor: Didik