Tarakan

Ibrahim Rusli Seberangi Pulau Sadau ke Tarakan

Ibrahim Rusli membawa bendera usai finish renang dari Pula Sadau. (Foto: Ariyanto)

TARAKAN, Koran Kaltara – Perenang bebas asal Kota Tarakan Ibrahim Rusli, kembali melakukan aksi renang bebas menyeberangi Pulau Sadau menuju Pelabuhan Perikanan Tarakan tanpa alat bantu sejauh 6,8 kilometer, Rabu (28/10/2020). Aksi ini juga dilakukan dalam rangka untuk memperingati hari sumpah pemuda tahun 2020.

Start mulai pukul 07.00 Wite, Ibrahim Rusli ditemani anggota Polairud Polres Tarakan berenang dari Pulau Sadau dan finish di pelabuhan perikanan Tarakan pada pukul 09.20 Wita.

“Kita renang tadi start pukul 07.00 Wita. Saya senang bisa finish sampai dermaga pelabuhan Tengkayu II Perikanan,” tuturnya.

Usai finish dan beristirahat sebentar, Ibrahim Rusli dengan membawa bendera merah putih didampingi Kadispora Tarakan, Agus Sutanto melanjutkan ekspedisi berlari menuju Binalatung Kelurahan Pantai Amal dengan jarak tempuh kurang lebih 13 Kilometer atau sekitar 3 jam.

Meski lalulintas cukup padat, keduanya tetap semangat berlari mulai dari Pelabuhan Perikanan, Jalan Gajah Mada, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Martadinata, Jalan Sumatera, Jalan Sei Sesayap, Jalan Sei Sembakung, Jalan Simpang Amal, kemudian finish di Binalatung Pantai Amal.

Sekitar pukul 12.45 Wita Ibrahim Rusli sampai di garis finish kemudian langsung menancapkan bendera merah putih, dilanjutkan penghormatan bendera. Kemudian, dilanjutkan acara pembacaan sumpah pemuda oleh beberapa pemuda yang kebetulan sudah menunggu di Pantai Amal.

Ibrahim Rusli mengatakan, tidak ada kendala dalam aksi ini, hanya saja waktu berenang banyak speed yang lalu lalang, karena memang perairan ini menjadi salah satu jalur transportasi speedboat.

“Bagus saja tidak ada binatang laut, ini aksi yang ke 14 berenang bebas. Tidak ada misi lain dalam kegiatan ini, hanya memperingati hari sumpah pemuda,” katanya.

Ia juga berpesan, kepada anak muda Tarakan dan Kaltara pada umumnya untuk tetap semangat meski dalam kondisi pandemi Covid-19. (*)

Reporter: Ariyanto
Editor: Didik

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah