Headline

HUT Bhayangkara Momentum Membangun Sinergi TNI-Polri di Kaltara

HARI BHAYANGKARA : Kapolda Kaltara Irjen Pol Indrajit beserta jajaran saat mengikuti upacara peringatan hari Bhayangkara yang dipimpin langsung Presiden Jokowi secara virtual, Rabu (1/7/2020). (Foto : Ramlan/Koran Kaltara)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara –  Hari Bhayangkara ke-74 tahun 2020, diperingati sangat berbeda dibandingkan tahun sebelumnya. Jika perayaan hari Korps kepolisian itu dirayakan dengan upacara di lapangan, kali ini harus hanya digelar secara virtual. Situasi pandemi Covid-19 menjadi faktor utamanya.

Meski hanya secara virtual, Kapolda Kaltara Irjen Indrajit mengemukakan jika perayaan Hari Bhayangkara tahun ini tak mengurangi maknanya. Tahun ini, kepolisian mengusung tema ‘Kamtibmas Kondusif, Masyarakat Semakin Produktif’ dengan beberapa kegiatan jelang peringatan. Peringatan hari Bhayangkara ke-74 ini sebagai momentum mengevaluasi keberadaan Polri di tengah masyarakat Kaltara.

“Hari Bhayangkara ini kan seharusnya kita evaluasi. Bagaimana kinerja polisi terhadap apa yang dirasakan masyarakat. Dari hasil data yang kita punya, gangguan kamtibmas secara umum itu menurun. Untuk itu, saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung Polri di Kaltara ini,” kata Kapolda saat ditemui usai pelaksanaan perayaan Hari Bhayangkara, Rabu (1/7/2020).

Menurut dia, terciptanya kondusifitas di Kaltara ini bukan hanya karena keberadaan kepolisian. Keamanan dan ketertiban umum berkat sinergitas yang dibangun antara Polri, TNI, pemerintah daerah serta seluruh masyarakat Kaltara. Polda Kaltara bisa bekerja keras dalam memastikan Kaltara yang damai.

“Pada kesempatan yang baik ini, saya selaku Kapolda memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih sedalam-dalamnya kepada semua komponen. TNI, anggota saya sendiri, masyarakat, Pak Danrem (Komandan Korem 092/Maharajalila Kaltara), DPRD. Selama dua tahun ini, kehadiran Polda Kaltara bisa benar-benar bermanfaat bagi masyarakat,” jelasnya.

Momen peringatan Hari Bhayangkara tahun 2020 ini juga, sebagai momentum meningkatkan sinergitas TNI dan Polri jelang Pilkada. Ia ingin memberikan jaminan, Pilkada di Kaltara nanti akan berjalan aman dan damai. Kapolda juga menekankan, jika jajaran Polri dan TNI akan bersikap netral dalam pesta demokrasi nanti.

“Kalau soal sinergitas, jangan ditanyakan lagi. Saya sama Pak Danrem sudah seperti saudara. Sudah kayak kakak-adik. Karena berhubungan di sini, bukan hanya antara instansi (TNI dan Polri) saja. Yang kita ciptakan itu hubungan emosional, seperti hubungan keluarga.Tidak ada dusta di antara kita,” tandasnya.

“Makanya kekuatan Polri jelang Pilkada nanti, TNI siap mendukung. Kita siap menjami Pilkada 2020 aman. Soal netralitas, TNI Polri harus netral. Sudah ada kebijakan dari pusat dari dulu lagi. Aparat (TNI dan Polri) tidak boleh mendukung atau apapun. Harus netral,” pungkasnya. (*)

Reporter: Ramlan
Editor: Nurul Lamunsari

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah