Kaltim

Hujan Deras, Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga

HANCUR: Petugas gabungan melakukan penanganan terhadap salah satu rumah warga tertimpa pohon tumbang di RT 03 Kelurahan Tanjung Tengah, Kecamatan Penajam. (Istimewa)

PENAJAM – Hujan deras dengan intensitas cukup tinggi disertai angin kencang di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Jumat (27/11) kemarin, mengakibatkan satu rumah warga mengalami kerusakan setelah tertimpa pohon yang tumbang.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD PPU, Nurlaila mengatakan rumah tersebut milik Amir, warga RT 03 Kelurahan Tanjung Tengah, Kecamatan Penajam. Rumah mengalami kerusakan parah akibat tertimpa pohon kelapa yang tumbang.

Untung saja kejadian ini tidak ada korban jiwa. Pemilik rumah serta keluarganya selamat dan mereka hanya mengalami kerugian materil.

“Pohon tumbang ini merusak satu unit rumah warga yang bermaterial kayu beratap asbes/genteng di bagian ruang tengah dan kamar tidur,” ungkapnya, kemarin.

Nurlaila mengakui saat ini dari tim BPBD PPU bersama-sama dengan TNI/Polri, Ketua LPM, Lurah dan Aparat Kelurahan Tanjung Tengah, Ketua RT 03 Kelurahan Tanjung Tengah dan warga setempat, melakukan penanganan di rumah korban terdampak.

“Kami telah melakukan penebangan dan pembersihan pohon di area atas (atap) rumah dan bagian sekitar rumah yang terdampak pohon tumbang,” bebernya.

Nurlaila menegaskan kondisi cuaca ekstrem bgelakangan ini imbas dari fenomena La Nina yang akan terus terjadi hingga penghujung tahun. Oleh karenanya seluruh warga harus selalu waspada dalam menghadapi potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor dan angin kencang.

Jika ada warga mengalami potensi pohon tumbang yang dapat mengenai tempat tinggalnya serta potensi terjadi tanah longsor, diharapkan untuk segara melaporkan ke BPBD Kabupaten PPU.

Dengan memberikan informasi, maka petugas akan dilakukan kegiatan pencegahan atau penanganan sehingga dapat mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi. (*)

Sumber: Koran Kaltim 

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah