Tarakan

Hingga Jumat, Zakat Terkumpul di Baznas Tarakan Rp900 Juta

Syamsi Sarman

TARAKAN, Koran Kaltara – Jumlah zakat yang terkumpul di Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Tarakan hingga Jumat (22/5/2020) mencapai Rp900 juta.

Ketua Pelaksana Baznas Tarakan, Syamsi Sarman menjelaskan, sementara untuk zakat yang terkumpul pada Ramadan ke-30 hari ini masih belum dihitung.

“Zakat hampir Rp1 milliar baru dari Baznas sendiri dengan delapan outlet pembayaran zakat, belum dari masjid. Kalau mengacu tahun lalu Rp2 milliar sama (yang terkumpul) di masjid,” jelasnya.

Meski belum dihitung datanya, perkiraan zakat yang terkumpul baru dari sekitar ratusan orang yang berzakat. Tanpa menyebut nama, ada yang berzakat satu orang Rp10 juta (zakat maal), tertinggi ada Rp100 juta.

“Pembayaran zakat masih dibuka sampai tengah malam pukul 00.00 Wita, selanjutnya close dan direkap, termasuk pengumpulan zakat dari masjid. Jika tidak sempat dari masjid boleh di hari berikutnya karena yang terpenting zakat sudah disalurkan ke mustahiq,” ungkapnya.

Baznas Tarakan bekerja sama dengan masjid untuk menyalurkan zakat sejak H-7 Lebaran dengan meminjam dana kas masjid.

“Bagi masjid yang tidak memiliki saldo atau minus, maka ditalangi oleh baznas. Dari 90 masjid hanya sekitar 20 masjid yang tidak memiliki kas,” tuturnya.

Syamsi Sarman mengatakan, tahun ini jumlah penerima zakat sebanyak 10.000 orang mustahiq dengan besaran zakat yang dibagikan sebesar Rp200 ribu per kepala keluarga.

“Datanya percaya dengan masjid masih menggunakan data tahun lalu, tinggal nanti perbaikan seperti meninggal dunia maupun pindah tempat tinggal. Sementara untuk tambahan baru hanya dikhususkan bagi mustahiq, bukan orang terdampak Covid-19,” tegasnya.

Lebih lanjut, Ia mengatakan, sampai Ramadan hari ke-30 atau Sabtu hari ini, penyaluran zakat hampir dua per tiga sudah tersalurkan. menurutnya, kemungkinan sore ini sudah selesai. (*)

Reporter: Ariyanto
Editor: Didik

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah