Ekonomi Bisnis

HET Elpiji Naik Rp700 per Tabung

Pendataan gas elpiji 3 kilogram. (IST)

TARAKAN, Koran Kaltara – Usulan kenaikan Harga Eceran Tertinggi (HET) elpiji 3 kilogram dari Pemkot Tarakan ke Pemprov Kaltara telah disetujui. Dengan demikian HET gas elpiji 3 kilogram di Tarakan naik sebesar Rp700. Kini harga di pangkalan menjadi Rp16.700, yang sebelumnya hanya Rp16.000.

“HET sudah disetujui melalui surat dari gubernur mengenai penetapan HET yang sebelumnya diusulkan oleh kabupaten/kota yang ada di Kaltara ini sebulan lalu, sehingga sudah bisa kita edarkan ke pangkalan maupun agen. Untuk Tarakan sebelumnya Rp16.000 per tabung elpiji 3 kilogram, tetapi sekarang dibagi 2 basis, yaitu darat dengan HET Rp16.700 sedangkan pesisir Rp18.700,” terang Kepala Bagian Ekonomi Sekretariat pemkot Tarakan, Catur Hendratmo, Jumat (30/4/2021).

Adanya perbedaan HET antara darat dengan pesisir dikarenakan akses ke kawasan pemukiman sepanjang garis pantai sulit dijangkau sehingga harus menggunakan gerobak, dan biaya dibebankan kepada konsumen.

“Ini berdasarkan rapat dengan agen dan pangakalan, setelah dilakukan penghitungan biaya transportasi dikonversikan sekitar Rp2.000 per tabung. Untuk kuota secara keselurusan di Tarakan masih sama, yaitu sekitar 120 ribu tabung per bulan,” ucapnya.

Dengan HET baru, maka pangkalan tidak boleh lagi menjual melebihi yang telah ditentukan. Jika ditemukan pangkalan nakal, maka dinas terkait akan memberikan sanksi berupa pencabutan izin pangkalan dan agen tidak akan memberikan jatah kembali.

“Kalau ada yang menjual di atas HET, maka pangkalan akan mendapatkan sanksi, karena ketentuanya sudah jelas, regulasinya jelas tinggal posisi pengawasan dan pengendalian dalam hal ini laporan masyarakat, kalau ada pangkalan yang menjual di atas HET itu melanggar aturan dan bisa langsung disanksi oleh dinas teknis,” tegasnya.

Penjualan gas elpiji 3 kilogram titik akhir penjualan ada di pangkalan, jika ada yang mengecer bisa dipastikan melanggar hukum. Oleh karena itu, Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM mempersiapkan rapat pembentukan tim pengawasan dan pengendalian gas elpiji 3 kilogram.

“Untuk surat edaran ke pangkalan mengenai HET baru ini sudah dilakukan, kemungkinan di masyarakat juga sudah berlaku,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sofyan Ali Mustafa

Editor: Rifat Munisa

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah