Nunukan

Hasil Swab TCM Negatif, 4 Tenaga Kesehatan Dipulangkan ke Krayan

Jubir Gugus Tugas Covid-19 Nunukan, Aris Suyono

NUNUKAN, Koran Kaltara – Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Nunukan, Aris Suyono mengatakan, hari ini Jumat (22/5/2020), gugus tugas sudah memulangkan empat tenaga kesehatan yang hasil pemeriksaan swab dengan Tes Cepat Molekuler (TCM) di RSUD Tarakan, dinyatakan negatif.

Keempatnya dipulangkan ke Long Bawan, Kecamatan Krayan melalui Bandara Nunukan untuk kembali melaksanakan tugas di Puskesmas Long Bawan. Empat tenaga kesehatan tersebut, kurang lebih sudah menjalani isolasi mandiri selama satu bulan di Rumah Dinas Puskesmas Sedadap, Kecamatan Nunukan Selatan.

Kemudian untuk kegiatan Pantau Kesehatan Lansia (Pankesia), sampai hari ini mencapai 46, 9 persen atau kurang lebih 2.290 lanjut usia (lansia) sudah dikunjungi. Bahkan, beberapa Puskesmas sudah mencapai 100 persen, antara lain Puskesmas Lapri, Sei Taiwan, Setabu dan Aji Kuning.

Sementara Puskesmas Pembeliangan 90,1 persen, Sei Nyamuk 92,3 persen dan Binter 59 persen. Sedangkan puskesmas lainnya masih di bawah 50 persen, antara lain Seimenggaris 38,8 persen, Mansalong 37 persen, Nunukan Timur 43 persen , Sanur 14,9 persen, Long Bawan 13 persen, Sedadap 11 persen, Long Layu 9 persen dan Nunukan 13 persen.

“Sementara ada dua puskesmas belum menjalankan program Pankesia yaitu Atap dan Tanjung Harapan,” ujar Aris dalam press release, tadi siang.

Data penanganan Covid-19 per hari ini; Orang Dalam Pemantauan (ODP) berjumlah 35 orang, tersebar di Kecamatan Nunukan 12 orang, Sebuku dan Sebatik Tengah masing-masing lima orang, Nunukan Selatan sembilan orang, Krayan Timur dan Sebatik Utara masing-masing satu orang dan Sebatik ada dua orang.

Orang Tanpa Gejala (OTG) masih dipantau sebanyak 386 orang. Pasien Dengan Pengawasan (PDP) ada enam orang, tiga masih dirawat di RSUD Nunukan, sedangkan tiga orang menjalani isolasi mandiri, dua di Sebatik Tengah dan satu di Sebuku.

Sedangkan pasien konfirmasi belum ada penambahan, jumlahnya masih 43 dengan 21 pasien yang sudah dinyatakan sembuh.

“Sehingga untuk pasien konfirmasi positif yang menjalani perawatan ada 22 orang, dimana tiga orang di antaranya melaksanakan isolasi mandiri,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sabri
Editor: Didik

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah