Politik

Hasil PDPB KPU Bulungan, Data Pemilih Meningkat

KPU Bulungan turut sampaikan PDPB di sela-sela coffe morning. (Foto : Nurjannah)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Untuk memastikan kembali data para pemilih, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bulungan melaksanakan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) periode September 2021.

Sesuai informasi dari KPU, selama enam bulan terakhir data pemilih di Bulungan mengalami peningkatan sebanyak 922 orang.

Koordinator Divisi (Kordiv) Perencanaan, Data dan Informasi KPU Bulungan, Mistang menyampaikan, pemutakhiran dilakukan agar data pemilih yang ada lebih valid.

Sekaligus ini sebagai sarana persiapan menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang.

“Kalau melihat data, hasil pemutakhiran data sejak April hingga September 2021 ini, terjadi kenaikan jumlah pemilih, yaitu sebanyak 922 orang,” ujarnya, Kamis (23/9/2021).

Sesuai data KPU Bulungan, kenaikan jumlah pemilih tersebut, juga merupakan akumulasi di antaranya; pada April naik 118 pemilih, Mei 68 pemilih, Juni 226 pemilih, Juli 49 pemilih Agustus 90 pemilih dan September 371 pemilih.

Namun demikian, perlu dipahami data tesebut bukan merupakan data pemilih baru.

“Jadi dalam proses pendataan juga ada yang namanya TMS (tak memenuhi syarat). Karena prinsip data harus dimutakhirkan, maka muncul lah angka-angka itu hingga September ini,” bebernya.

Proses pemutakhiran data, dikatakan Mistang, terdapat banyak sekali perubahan data. Berdasarkan data yang masuk ke KPU dan dicermati dan ditetapkan tentu berimplikasi kepada data sebelumnya yang sudah ditetapkan.

Menurutnya, jumlah data sendiri sangat dinamis, sehingga bisa saja terjadi penambahan atau bahkan pengurangan jumlah. Diketahui hingga September ini, KPU Bulungan telah menetapkan sebanyak 98.306 pemilih yang ada di Bulungan.

“Memang, sejak April hingga September ini jumlahnya naik signifikan,” jelasnya.

Mistang menambahkan, khususnya dari instansi terkait di pemerintah daerah, sebagian besar itu merupakan data yang pindah memilih, baik itu yang lintas kabupaten/kota maupun lintas provinsi.

“Pemutakhiran data pemilih dilakukan secara berkelanjutan agar pada saat coklit atau tahapan penetapan data pemilu 2024 mendatang tidak ditemukan lagi data yang tidak sesuai. Ya ini juga sebenarnya bagian dari mitigasi,” sebut dia.

Diharapkan, melalui PDPB ini, nantinya mampu memperjelas kondisi, domisili ataupun status dari semua data pemilih yang masuk ke KPU Bulungan.

“Ini bagian dari upaya kita melakukan persiapan di Bulungan,” pungkasnya. (*)

Reporter: Nurjannah
Editor: Eddy Nugroho

 

TOPIK TERKAIT:

Pemutakhiran Data Pemilih Dilakukan Setiap Hari

 

About the author

Koran Kaltara

Add Comment

Click here to post a comment